Reporter: Amalia Fitri | Editor: Adi Wikanto
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Peritel PT Mitra Adiperkasa Tbk (MAPI) mencetak kinerja moncer sepanjang tahun 2019. Dibalik kesuksesan, ternyata ada keberhasilan bisnis e-commerce.
Dalam laporan keuangan periode 2019, MAPI membukan laba yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk sebesar Rp 933,49 miliar, meningkat 26,86% secara year on year (yoy).
Ini seiring kenaikan penjualan yang tumbuh 14% menjadi Rp 21,57 triliun.
Nilai penjualan masih disokong oleh penjualan eceran yang menempati porsi tertinggi dala penjualan bersih, yaitu sebesar Rp 19,20 triliun, tumbuh dari tahun 2018 sebesar Rp 17,11 triliun. Pendapatan grosir meningkat menjadi Rp 356,02 miliar dari yang hanya Rp 180,26 milliar.
"Penjualan meningkat terutama karena laju perkembangan usaha e-Commerce yang kuat melalui kanal digital (termasuk Mapemall, PlanetSports.asia dan Zara) yang meningkat lebih dari 100%," terang Ratih D. Gianda, VP Investor Relations & Corporate Communications MAP Group dalam keterangan tertulis, Kamis (16/4).
Pendapatan sewa dan konsinyasi juga mendukung kinerja MAPI dengan sumbangan masing-masing sebesar Rp 98,19 miliar dan Rp 5,11 triliun. Lalu pos lain-lain mengisi porsi pendapatan sebesar Rp 6,58 triliun.
Jumlah aset, liabilitas, dan ekuitas masing-masing meningkat 10,29%, 0,15%, dan 21,61% secara tahunan. Aset MAPI meningkat menjadi Rp 13,93 triliun dari Rp 12,63 triliun, jumlah liablitas meningkat menjadi Rp 6,56 triliun dari Rp 6,57 triliun, dan ekuitas berada di angka Rp 7,37 triliun dari Rp 6,06 triliun.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News