kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Ini penyebab laba Nusantara Pelabuhan Handal (PORT) anjlok 89% di kuartal I 2019


Selasa, 14 Mei 2019 / 21:01 WIB
Ini penyebab laba Nusantara Pelabuhan Handal (PORT) anjlok 89% di kuartal I 2019

Reporter: Andy Dwijayanto | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Nusantara Pelabuhan Handal Tbk (PORT) pada kuartal I tahun ini mencatat pertumbuhan pendapatan. Hanya saja, dari sisi laba tahun berjalan mengalami penurunan signifikan.

Pendapatan perusahaan di kuartal I 2019 tercatat sebesar Rp 275,9 miliar atau naik 12,95% dari sebelumnya Rp 244,27 miliar. Pendapatan terbesar berasal dari jasa stevedoring sebesar Rp 162,83 miliar, storage yard sebesar Rp 83,85 miliar sewa kapal, operasi terminal dan lainnya.


Namun laba periode berjalan anjlok 89% dari Rp 12,01 miliar menjadi Rp 1,32 milia. Manajemen menyatakan bahwa peningkatan beban dan beban pajak pada kuartal I tahun ini turut menggerus kinerja bottom line.

"Laba periode berjalan turun sekitar Rp 11 miliar karena kenaikan biaya operasi dan pemeliharaan terminal serta upah gaji," ujar Isenta, Direktur PORT di Jakarta, Selasa (14/5).

Selain itu, ada koreksi dari pemeriksaan pajak sebelumnya yang membuat beban pajak di kuartal I tahun ini mencapai Rp 9 miliar. Namun dirinya menjelaskan perusahaan terus berupaya meningkatkan ROE dan ROA perusahaan lebih baik lagi.

"Debt to equity kami masih cukup konservatif di 0,97 x ini memberikan fleksibilitas bagi perusahaan untuk perkembangan bisnis organik maupun non organik," lanjutnya.

Lebih lanjut, dirinya menjelaskan bahwa rasio lancar perusahaan sampai dengan kuartal I tercatat 1,67 x yang menandakan keleluasaan perusahaan untuk membayar utang jatuh tempo dalam setahun ke depan.?




TERBARU

Close [X]
×