kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ini Perkembangan Mitra Binaan Holding Perkebunan yang Go Digital


Senin, 19 September 2022 / 22:04 WIB
Ini Perkembangan Mitra Binaan Holding Perkebunan yang Go Digital
ILUSTRASI. Perkebunan PTPN III di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Sei Mangkei, Sumatra Utara.


Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Holding Perkebunan Nusantara, PTPN III (Persero), mendorong pemberdayaan para usaha mikro dan usaha kecil (UMK) yang jadi mitraa binaannya untuk bisa naik kelas.

Pemberdayaan dilakukan berbagai program, seperti bantuan modal usaha, pembinaan pengembangan usaha, perluasan pangsa pasar lewat pameran, hingga pelatihan go digital.

Direktur Utama Holding Perkebunan Nusantara PTPN III (Persero) Mohammad Abdul Ghani mengatakan, PTPN Group saat ini memiliki 104 Mitra Binaan UMK. Dari jumlah tersebut, 32 Mitra Binaan di antaranya telah berhasil naik kelas dengan go online.

“Kami menargetkan mitra binaan yang bisa go online hingga akhir tahun bisa mencapai 286 mitra,” kata Abdul Ghani dalam keterangannya, Senin (19/9).

Baca Juga: Tingkatkan Produksi Susu, PTPN III Gandeng FrieslandCampina

Pengembangan UMKM go digital merupakan bagian dari rencana Kementerian BUMN melalui Rumah BUMN, untuk mendorong para pelaku UMKM agar bisa memasarkan produknya secara daring online.

Abdul Ghani bilang, dukungan BUMN sangat diperlukan untuk membantu UMK yang sempat terpuruk akibat pandemi Covid-19.

Menurutnya, UMKM memiliki peran penting terhadap perekonomian nasional. Sektor ini, kata dia, memiliki kontribusi besar terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia. Jumlah UMKM yang sudah mencapai sekitar 64,2 juta juga mampu menyerap sebagian besar tenaga kerja nasional.

Hingga saat ini, PTPN Group telah merealisasikan bantuan modal usaha kepada UMK senilai Rp 5,82 miliar kepada 104 mitra binaan, terbagi dalam beberapa sektor usaha, antara lain sektor industri, perdagangan, pertanian, perkebunan, peternakan, perikanan, jasa, dan industri kreatif. Selain itu,  pembinaan kepada UMK senilai Rp 1,17 miliar.

PTPN Group konsisten memberdayakan mitra binaan UMKM untuk menjaga ketahanan ekonomi nasional. Hal itu, kata Abdul Ghani, merupakan salah satu pilar dalam program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) perseroan.

Baca Juga: Perkuat UMKM Rokan Hulu, PTPN V Salurkan Dana Rp 1,3 Miliar

Saat ini, Holding Perkebunan Nusantara memiliki 3 unit Rumah BUMN sebagai tempat membantu para pelaku UMKM untuk mengembangkan dan memasarkan produknya lebih maju.

Ketiga Rumah BUMN tersebut, yakni berada di Kabupaten Batubara dan Kabupaten Labuhan Batu Selatan di bawah naungan PTPN III, dan satu Rumah BUMN di Kabupaten Serdang Bedagai.

“Ke depan, kami akan terus memperluas Rumah BUMN ini, sehingga akan lebih banyak lagi wadah bagi para pelaku UMKM untuk terus meningkatkan usahanya dan bisa lebih cepat untuk go digital,” ujar Abdul ghani.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×