Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Guna memastikan keamanan dan kenyamanan pemudik selama periode Angkutan Lebaran 2023, PT Angkasa Pura/AP II telah mempersiapkan rencana operasi untuk dijalankan di 20 bandara kelolaan pada periode 12 April hingga 3 Mei 2023 (H-10 hingga H+10 Lebaran).
Menurut Direktur Utama AP II Muhammad Awaluddin, rencana operasi Angkutan Lebaran 2023 untuk memastikan terpenuhinya aspek keselamatan, keamanan dan pelayanan, serta pemenuhan setiap regulasi di tengah periode tersibuk di sektor penerbangan nasional.
Lantas apa saja rencana operasi tersebut?
Melansir laman infopublik.id, sebagai bagian dari rencana operasi, ada beberapa hal yang dilakukan AP II.
Pertama, membuka Posko Angkutan Lebaran 2023 yang merupakan wadah koordinasi seluruh stakeholder bandara.
Kedua, melakukan penyesuaian jam operasional bandara guna memenuhi pertumbuhan permintaan penerbangan.
Baca Juga: Angkasa Pura II Proyeksikan Akan Layani 1 Juta Jemaah Umrah Tahun Ini
Dia bilang, operasional bandara AP II sangat fleksibel, jam operasional akan kami sesuaikan untuk mengakomodir penerbangan termasuk extra flight menyusul Angkutan Lebaran 2023. Bandara AP II bisa beroperasi lebih pagi dan lebih malam untuk melayani pemudik.
"Bandara Soekarno-Hatta (Tangerang) dan Bandara Kualanamu (Deli Serdang) tetap beroperasi 24 jam setiap harinya, begitu juga dengan Bandara Halim Perdanakusuma yang dipersiapkan beroperasi 24 jam. Bandara-bandara ini diperkirakan akan menjadi yang paling sibuk selama Angkutan Lebaran 2023," katanya.
Lebih lanjut, Awaluddin menuturkan, jumlah pergerakan penumpang selama periode Angkutan Lebaran 2023 pada 12 April - 3 Mei 2023 (H-10 hingga H+10) diproyeksikan mencapai 5,24 juta penumpang. Jumlah tersebut meningkat sekitar 25% dibandingkan dengan periode Angkutan Lebaran 2022 sebanyak 4,19 juta penumpang.
Sementara itu, pergerakan pesawat pada Angkutan Lebaran 2023 diperkirakan mencapai 36.585 penerbangan atau naik sekitar 11%.
Baca Juga: AP II Hadirkan Robot Pelayan di Bandara Soetta dan Kualanamu
"Pada Angkutan Lebaran 2023, pergerakan penumpang hampir 100% sama dengan Angkutan Lebaran 2019 sebelum adanya pandemi. Ini sejalan dengan pemulihan penerbangan yang terus membaik di tengah terkendalinya pandemi COVID-19. AP II bersama stakeholder memastikan akan mengelola permintaan dengan baik, sehingga bisa memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat," ujar Awaluddin.
Menurut penuturannya, Bandara Soekarno-Hatta akan menjadi bandara tersibuk selama Angkutan Lebaran 2023, dan di bandara itu telah disiapkan infrastruktur guna mendukung kolaborasi di antara para stakeholder.
Infrastruktur untuk memperkuat kolaborasi di Bandara Soekarno-Hatta antara lain Airport Operation Control Center (AOCC) untuk kelancaran dan keselamatan penerbangan, lalu Terminal Operation Center (TOC) untuk memastikan kinerja terminal penumpang, kemudian Airport Infrastructure Control Center (AICC) guna keandalan infrastruktur, serta Land Transportation Operation Center (LTOC) guna memastikan pelayanan transportasi darat.
Direktur Operasi AP II Muhamad Wasid mengatakan, para periode Angkutan Lebaran 2023 ini pihaknya menyiagakan total 6.231 orang personel di 20 bandara.
"Guna mengelola pertumbuhan lalu lintas penerbangan selama Angkutan Lebaran 2023, AP II menyigakan total 6.231 orang personel di 20 bandara, sebagian besar di Bandara Soekarno-Hatta guna memastikan kelancaran bandara dan penerbangan," kata Wasid.
Adapun personel yang disiapkan antara lain Aviation Security, BKO TNI - Polri, Airport Rescue & Fire Gighting, Airport Operation, Terminal Inspection, Customer Service dan Digital Service. Kolaborasi juga dilakukan dengan stakeholder lainnya seperti maskapai, ground handling dan operator transportasi darat," ujarnya.
Baca Juga: Angkasa Pura II Layani 62 Juta Penumpang Selama Tahun 2022
Program customer engangement
Sementara Direktur Komersial dan Layanan AP II M. Rizal Pahlevi menuturkan, pada periode Angkutan Lebaran 2023 seluruh bandara AP II menampilkan berbagai program customer engangement guna kenyamanan pemudik.
"Berbagai program customer engangement termasuk ornamen dan tematik terkait Ramadan dihadirkan di bandara-bandara AP II agar pemudik tetap merasa nyaman saat melakukan perjalanan di periode sibuk," jelas Rizal Pahlevi.
Adapun AP II mengelola 20 bandara yakni Bandara Soekarno-Hatta (Jakarta), Halim Perdanakusuma (Jakarta), Kualanamu (Medan), Supadio (Pontianak), Minangkabau (Padang), Sultan Mahmud Badaruddin II (Palembang), Sultan Syarif Kasim II (Pekanbaru), Husein Sastranegara (Bandung).
Lalu, Sultan Iskandarmuda (Banda Aceh), Raja Haji Fisabilillah (Tanjungpinang), Sultan Thaha (Jambi), Depati Amir (Pangkal Pinang), Silangit (Tapanuli Utara), Kertajati (Majalengka), Banyuwangi (Banyuwangi), Tjilik Riwut (Palangkaraya), Radin Inten II (Lampung), H.A.S Hanandjoeddin (Tanjung Pandan), dan Fatmawati Soekarno (Bengkulu), Jenderal Besar Soedirman (Purbalingga).
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News