kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Inilah 10 merek paling bernilai versi BrandZ


Kamis, 25 Oktober 2018 / 21:59 WIB
Inilah 10 merek paling bernilai versi BrandZ
ILUSTRASI. Logo Bank Central Asia

Reporter: Sugeng Adji Soenarso | Editor: Markus Sumartomjon

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Beberapa perusahaan yang masuk jajaran  perusahaan terbaik dunia versi Forbes ternyata masuk juga dalam jajaran merek terbaik di Indonesia. Kalau di Forbes yang jadi jawara Bank Mandiri, maka merek terwahid versi BrandZ Top adalah BCA.

Fanny Murhayati, Direktur Pemasaran Kantar Indonesia,  periset merek dengan label BrandZ, menyatakan bahwa masuknya BCA menjadi merek peringkat pertama di Indonesia berdasarkan inovasi yang sudah dilakukan perusahaan milik Grup Djarum tersebut. Ia menyebut bank swasta tersebut sanggup mengembangkan ragam produk dan layanan terkini yang bisa memberi manfaat langsung ke konsumen.


Itu semua menumbuhkan citra terhadap merek BCA. "Jadi brand building jangan dianggap sebagai biaya, tetapi justru bisa sebagai investasi," ucapnya saat pemaparan  BrandZ Top, Rabu (25/10).

BCA, sebutnya, selama satu tahun terakhir sudah menggunakan ragam teknologi terkini untuk bisa memberikan layanan produk perbankan. Salah satunya adalah pengoperasian Vira. Ini adalah teknologi asisten virtual untuk menambah layanan ke para pengguna.

Sebagai jawara, nilai merek BCA mencapai US$ 12,67 miliar. Angka tersebut sudah tumbuh 20% dari tahun lalu yang sebesar US$ 10,5 miliar.

Dari data tersaji, Mandiri justru berada di urutan kelima dengan nilai merek US$ 6,43 miliar, atau tumbuh 18% dari tahun lalu. Yang menarik, kata Fanny, adalah masuknya merek anyar  ke dalam jajaran Top 50 Most Valuable Indonesi Brand 2018. Seperti Indomilk, Indihome, Astra, Bukalap, Tokopedia, Traveloka serta Gojek.  

Khusus Gojek, nilai meerk perusahaan transportasi online itu langsung berada di posisi ketujuh tahun ini dengan nilai US$ 2,39 miliar. Tahun lalu, Gojek malah tidak ada sama sekali di dalam daftar.

Merek lain yang masuk daftar dan bisa menciptakan pasar baru adalah Traveloka yang ada di posisi 20.. Nilai merek perusahaan tersebut sebesar US$ 805 juta. Kemudian ada Tokopedia di peringkat 33 dengan nilai merek sebesar US$ 380 juta. Berikutnya Bukapalak di posisi 37 sebesar US$ 298 juta.


10 Merek Ternama Versi BrandZ
1. BCA (US$ 12,67 miliar)
2. BRI (US$ 9,39)
3. Telkomesel (US$ 8,86 miliar)
4. A Mild (US$ 8,28 miliar)
5. Mandiri (US$ 6,43 miliar)
6. Dji Sam Soe (US$ 2,65 miliar)
7. Gojek (US$ 2,39 miliar)
8. Surya (US$ 2,37 miliar)
9. Gudang Garam (US$ 2,31 miliar)
10. BNI (US$ 2,23 miliar)

 

 


Tag


TERBARU

Close [X]
×