kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45803,53   6,94   0.87%
  • EMAS940.000 0,64%
  • RD.SAHAM 0.78%
  • RD.CAMPURAN 0.40%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.06%

Inilah alasan biaya pengobatan pasien corona bisa tembus ratusan juta


Jumat, 01 Mei 2020 / 06:56 WIB
Inilah alasan biaya pengobatan pasien corona bisa tembus ratusan juta
ILUSTRASI. Petugas kebersihan membersihkan lantai di salah satu ruangan yang dijadikan Rumah Sakit Darurat di Gedung Lippo Plaza Mampang, Jakarta, Jumat (3/4/2020). Siloam Hospitals mengubah sebagian pusat perbelanjaan Lippo Plaza Mampang menjadi Rumah Sakit Darurat

Reporter: Amalia Fitri | Editor: Adi Wikanto

KONTAN.CO.ID - Jakarta. Biaya pengobatan pasien suspect virus corona bisa mencapai ratusan juta rupiah. Meski demikian, pemerintah menjamin seluruh biaya tersebut.

Biaya tersebut telah ditetapkan oleh Kementerian Keuangan (Kemkeu) dalam lampiran Surat Menteri Keuangan Nomor S-275/MK.02/2020 tertanggal 6 April 2020.


Merujuk surat itu, untuk pasien Covid-19 tanpa komplikasi, biaya perawatan di ruang ICU dengan ventilator Rp 15,5 juta per hari dan tanpa ventilator Rp 12 juta per hari. Lalu perawatan di ruang isolasi tekanan negatif dengan ventilator Rp 10,5 juta, tanpa ventilator Rp 7,5 juta. Sedangkan perawatan di ruang isolasi non tekanan negatif dengan ventilator Rp 10,5 juta per hari dan tanpa ventilator Rp 7,5 juta per hari.

Manajemen PT Siloam International Hospital Tbk (SILO) menyatakan penanganan pasien COVID-19 memakan biaya yang sangat banyak. Oleh karena itu, satuan biaya yang ditetapkan pemerintah tersebut sangatlah membantu pihak rumah sakit dan pasien.

Caroline Riady, Wakil Presiden Direktur SILO membeberkan biaya yang dikeluarkan tidak hanya untuk kebutuhan APD bagi para staff tenaga medis dan dokter, tetapi juga pengadaan peralatan perawatan bagi pasien COVID-19 berupa ruangan negatif pressure, ruangan ICU, hingga ventilator.

Rumah sakit juga harus menjamin biaya pengobatan bagi tenaga medis yang terinfeksi. Rumah sakit memberikan uang apresiasi atas jerih payah tenaga medis.

"Dalam perawatan pasien COVID-19 yang berada di ruang ICU membutuhkan empat perawat yang menjaganya secara bergantian. Ini membutuhkan cost yang luar biasa," jelas Caroline dalam Webinar bertajuk Mewujudkan Rumah Sakit Bersih & Aman di Masa Pandemi, Kamis (30/4).

Perhitungan Caroline, biaya pengobatan pasien corona paling sedikit Rp 50 juta. "Satu pasien yang dengan mudah berubah menjadi negatif, bisa membutuhkan biaya Rp 50 juta. Jika di ruangan ICU, lalu menggunakan ventilator, bisa berkisar Rp 100 jutaan," kata Caroline.

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.


TERBARU

[X]
×