kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45729,74   -6,98   -0.95%
  • EMAS963.000 3,44%
  • RD.SAHAM -0.69%
  • RD.CAMPURAN -0.34%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.01%

Inilah korporasi dengan skor employee engagement tertinggi


Selasa, 29 Oktober 2019 / 10:29 WIB
Inilah korporasi dengan skor employee engagement tertinggi
ILUSTRASI. Cipta Wahyana, Managing Editor Kontan, memberikan sambutan dalam acara Stellar Workplace Award 2019, hasil kerjasama Kontan dan GML Performance Consluting. 

Reporter: J. Ani Kristanti | Editor: Cipta Wahyana

KONTAN.CO.ID Employee engagement merupakan salah satu faktor  yang mempengaruhi keberlangsungan suatu perusahaan. Adanya keterikatan antara karyawan dan perusahaan ini menjadi penting, mengingat sumber daya manusia (human resources) sesungguhnya merupakan intangible asset yang sangat penting bagi kemajuan perusahaan itu sendiri.

Kualitas pengelolaan sumber daya manusia merupakan prasyarat utama keberhasilan eksekusi strategi sebuah perusahaan. Semakin tinggi tingkat employee engagement, yang mencakup aspek employee satisfaction dan employee commitment, akan semakin tinggi pula produktivitas karyawan.

Peningkatan produktivitas sumber daya manusi menjadi tantangan besar bagi bangsa Indonesia untuk bertumbuh menjadi 10 besar dunia di tahun 2020. “Karena dibanding China dan India, dua kompetitor Indonesia, secara nilai absolute gaji (labour cost), Indonesia menduduki posisi kedua setelah China, namun jika dilihat produktivitas Indonesia paling bawah,” kata Suwardi Luis, Chief Executive Officer GML Performance Consulting.

Untuk melihat tingkat employee engagement korporasi di Indonesia, GML Performance Consulting bekerjasama dengan Kontan menggelar Stellar Workplace Award 2019. Penghargaan ini diberikan ada perusahaan yang mampu menciptakan lingkungan kerja idaman para karyawannya, sehingga mampu mewujudkan employee engagement yang tinggi.  Ajang penghargaan ini juga  memberikan pengakuan, sekaligus apresiasi kepada para praktisi Human Resources yang telah bekerja keras membangun employee engagement di berbagai perusahaan.

“Kami berharap program-program yang menghasilkan skor employee engagement terbaik bisa menjadi model bagi korporasi lain yang sedang merintis implementasi program serupa,” tutur Cipta Wahyana, Managing Editor & Strategic Management GM Kontan dalam sambutannya pada malam penghargaan Stellar Workplace Award 2019 di J.W. Marriot Hotel ,  Jumat (25/10) lalu.

Melalui survei, analisa employee engagement dan performa organisasi,  penghargaan diberikan kepada perusahaan-perusahaan yang berkomitmen tinggi dalam meningkatkan employee engagement. Tentu saja, juga didukung dengan pencapaian bisnis perusahaan yang baik.

Kriteria employee engagement yang disurvei  dan dianalisa adalah komitmen dan kepuasan karyawan. Josef Batona, mantan Direktur Sumber Daya Manusia PT Indofood Sukses Makmur, yang menjadi salah satu juri dalam ajang ini menyampaikan, dasar pemberian penghargaan ini mengacu pada tiga unsur atau yang disebut  ‘Tiga S’. Yakni, Say, Stay, dan Strive. “Bagaimana karyawan menceritakan kebanggaan atas tempat kerjanya, lalu apa yang membuat mereka bertahan dan keinginan untuk ikut berjuang karena percaya tumbuh berkembang dengan perusahaan,” jelas Josef.

Untuk tahun 2019 ini, sekitar 200 perusahaan dari berbagai industri diundang untuk berpartisipasi.  Undangan diberikan pada perusahaan-perusahaan yang dinilai layak mengikuti program Stellar Workplace Award 2019.

Ada empat juri independen yang memberikan penilaian berdasarkan kriteria employee engagement. Selain Cipta, Suwardi dan Josef, yang menjadi juri independen ada juga Tjut Rifameutia Umar Ali, Dekan Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, sebagai perwakilan dari akademisi.

Bagi perusahaan yang mendapatkan award, para juri pun berharap mereka bersedia menginspirasi perusahaan lainnya untuk menciptakan tempat kerja yang produktif, sehingga bisa membangun bangsa lebih sejahtera. Pada akhirnya, dari ratusan perusahaan yang diundang tersebut, para peraih penghargaan berdasarkan kategorinya adalah sebagai berikut:

Recognition in Employee commitment and Employee Satisfaction

1. Grup M Indonesia
2. PT Adira Dinamika Multi Finance, Tbk
3. PT Asuransi Jiwa Sinarmas MSIG, Tbk
4. PT Bussan Auto Finance
5. PT Federal Karyatama an ExxonMobil Subsidiary
6. PT Kalbe Farma, Tbk
7. Meratus Group
8. PT Pembangunan Jaya Ancol, Tbk
9. PT Pelabuhan Indonesia I (Persero)
10. PT XL Axiata, Tbk
11. PT Wijaya Karya Bangunan Gedung, Tbk
12. PT Dutakom Wibawa Putra

The Most Improved Stellar Engagement Company

Grup M Indonesia

Best Stellar Workplace Award for Mid-size Employer

PT Tower Bersama Infrastruckture, Tbk

Best Stellar Workplace Award for Large-size Employer

PT Maybank Indonesia, Tbk

Best Stellar Workplace Award for The Most  Innovative Program

PT Maybank Indonesia, Tbk




TERBARU

Close [X]
×