Reporter: Melati Amaya Dori | Editor: Asnil Amri
JAKARTA. PT BMW Indonesia sukses mencatat penjualan mobil Januari-Agustus 2012 sebanyak 1.376 unit. Realisasi penjualan itu naik 41% dari realisasi penjualan periode yang sama pada tahun 2011 lalu.
Menariknya, realisasi penjualan BMW sampai Agustus itu disumbang dari mobil seri menengah atas, yaitu BMW Seri 5. Sekitar 431 unit BMW Seri 5 telah menyumbang penjuyalan BMW periode Januari-Agustus 2012.
Setelah BMW Seri 5, penjualan BMW selanjutnya didukung oleh BMW Seri 3, kendaraan menengah bawah milik BMW yang terjual sebanyak 415 unit pada periode yang sama.
Sementara itu, peringkat ketiga diisi oleh sang jagoan BMW di segmen sport utility vehicle (SUV) premium, yaitu BMW X1 dengan total penjualan 255 unit.
Saat ini, pabrik perakitan BMW di Indonesia merakit sekitar sebesar 10 unit per hari atau setahunnya sebanyak 1.700 unit.
"Tahun depan kami merencanakan penambahan kapasitas produksi, namun untuk varian yang mana masih kami membicarakannya," kata Helena Abidin, Direktur Corporate Communication BMW Indonesia disela-sela peluncuran tipe M6 Coupe, di Arena Indonesia International Motor Show (IIMS) 2012, Jakarta (25/9).
Selain menambah produksi, perseroan meluncurkan produk baru untuk meningkatkan penjualan tahun ini. Dua produk baru yang telah diluncurkan saat IIMS 2012 itu adalah; BMW M6 Coupe dan BMW Seri 7 40Li.
"Acara seperti IIMS 2012 memang berkontribusi pada penjualan sebulan setelah acara, namun persentasenya berapa belum kami hitung. Berkaca dari tahun lalu saja, jualan di IIMS 2011 ada sekitar 350 unit BMW dan 50 unit Mini Cooper," tambah Helena.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News