Reporter: Arif Wicaksono Aryadi | Editor: Asnil Amri
JAKARTA. PT Astra Honda Motor(AHM) berusaha memperkuat dominasi pasar skuter matik (skutik) nasional. Hal ini ditandai dengan peluncuran Honda PCX 150 cc di segmen skutik premium.
Margono Tanuwijaya, Direktur Pemasaran AHM bilang, peluncuran Honda PCX 150 untuk memenuhi pasar segmen skutik premium setelah diluncurkannya Honda PCX 125. "Honda berusaha mendominasi pesatnya pangsa pasar skutik dalam tiga tahun terakhir," ungkapnya akhir pekan ini.
Honda PCX 150 menggunakan mesin Enhanced Smart Power(eSP) dengan kapasitas mesin 150cc. Skutik ini memiliki tenaga yang lebih besar dari PCX 125 dari 8.5kw/8500 rpm menjadi 10kw/8500 rpm.
Margono mengatakan, PCX 150 dipasarkan dengan harga Rp 33.300.000 on the road. Bagi pelanggan yang tertarik, pemesanan sudah bisa dilakukan dengan pengiriman pertama dilakukan pada 1 Agustus mendatang.
AHM sendiri menargetkan, penjualan skutik impor completely built-up(CBU) dari Thailand ini sebesar 200 unit per bulan. Sejak pertama kali diperkenalkan tahun 2010, Honda PCX125 telah terjual sebanyak 5.648 unit.
Saat ini, skutik Honda telah menguasai 63,5% pasar skutik nasional pada periode Januari-Mei 2012, setelah terjual sebanyak 1.163.128 unit.
AHM di segmen skutik premium memang bergerak leluasa karena beberapa pabrikan lain yang belum bermain di segmen tersebut. Merek sepeda motor lain seperti Yamaha dan Suzuki sepertinya masih enggan masuk ke segmen pasar ini.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News