kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45989,05   -9,21   -0.92%
  • EMAS952.000 0,85%
  • RD.SAHAM -0.06%
  • RD.CAMPURAN -0.04%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.32%

Inocycle Technology (INOV) optimis tahun depan bisnis daur ulang bertumbuh


Kamis, 03 Desember 2020 / 02:00 WIB
Inocycle Technology (INOV) optimis tahun depan bisnis daur ulang bertumbuh


Reporter: Agung Hidayat | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Inocycle Technology Group Tbk (INOV), emiten yang bergerak di bidang daur ulang sampah botol plastik (PET) menjadi Recycled Polyester Staple Fiber (Re-PSF), yang merupakan inti dari beragam bahan baku industri mulai dari otomotif, konstruksi, pertanian, infrastruktur, pakaian & peralatan rumah tangga, optimis bahwa industri daur ulang sampah botol plastik akan membaik pada tahun 2021. Hal ini didukung dengan adanya tren peningkatan terhadap permintaan produk-produk untuk keperluan rumah tangga.

Victor Choi, selaku Direktur INOV mengungkapkan, tren penjualan untuk produk turunan INOV yaitu peralatan rumah tangga (homeware) mengalami peningkatan cukup signifikan dan memang terdapat potensi yang sangat positif untuk masa mendatang. Menyikapi peluang tersebut, INOV akan terus mengembangkan produk- produk homeware ini.

"Ke depan, INOV akan melakukan diversifikasi untuk produk homeware, salah satunya dengan memproduksi kain bulu sintetis, " ujarnya dalam keterangan tertulis, Rabu (2/12). INOV melihat potensi permintaan ekspor untuk produk homeware sangat menjanjikan, mengingat di luar negeri minat masyarakat sudah berpindah untuk mulai menggunakan barang-barang dari hasil daur ulang.

Baca Juga: Ekspansi Pabrik Serat Daur Ulang Inocycle Technology Group (INOV) Masih Bergulir

Hingga kuartal III-2020, penjualan produk homeware INOV tercatat sebesar Rp 40,9 miliar atau naik 123,4% dari periode yang sama di tahun sebelumnya yaitu sebesar Rp 18,3 miliar. Produk turunan INOV lainnya yaitu produk bukan tenunan (non-woven) membukukan penjualan sebesar Rp 67,9 miliar atau naik 14,9% dari tahun sebelumnya yaitu sebesar Rp 59,1 miliar.

Dalam laporan keuangan kuartal III-2020, INOV mencatatkan penjualan sebesar Rp 378,3 miliar dan laba kotor mencapai Rp 61,9 miliar. Sepanjang tahun 2020, INOV sedang fokus memperkuat pasokan sampah botol plastik dengan membangun pabrik pencucian botol (washing facility) di Medan dengan kapasitas produksi mencapai 500 ton per bulan.

Washing facility di Medan sudah mulai beroperasi secara komersil sejak September 2020, dan sedang dibangun pabrik Non- woven dengan kapasitas produksi 300-500 ton per bulan. Selain itu, INOV juga berencana untuk menjangkau Pulau Sulawesi dengan mendirikan washing facility di Makassar yang akan mulai dibangun pada tahun 2021.

Selanjutnya: Ekspansi Pabrik Serat Daur Ulang Inocycle Technology Group (INOV) Masih Bergulir

 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Certified Supply Chain Analyst (CSCA) Batch 7 How To Sell On Marketplace

[X]
×