Reporter: Vina Elvira | Editor: Herlina Kartika Dewi
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Aspirasi Hidup Indonesia Tbk (ACES) berupaya memaksimalkan kinerja di sisa tahun ini lewat sejumlah strategi. Harapannya, perseroan dapat menutup tahun 2025 dengan hasil yang sesuai dengan rencana.
Head of Corporate Communications & Sustainability Aspirasi Hidup Indonesia, Melinda Pudjo mengungkapkan, pihaknya akan memaksimalkan aktivitas belanja masyarakat pada periode Natal dan Tahun Baru, karena secara historis penjualan pada kuartal IV merupakan kuartal dengan kontribusi terbesar.
“Berbagai program promosi dan inisiatif penjualan juga terus kami tingkatkan sesuai kebutuhan pelanggan dan diharapkan dapat mendukung pertumbuhan yang lebih baik,” ungkap Melinda, kepada Kontan.co.id, Rabu (12/11/2025).
Dia melanjutkan, untuk mendorong penjualan, ACES senantiasa menghadirkan produk-produk baru yang inovatif dan meningkatkan layanan serta pengalaman berbelanja pelanggan melalui pembaharuan konsep toko kami.
Baca Juga: Usai Rebranding, AZKO (ACES) Targetkan Bangun 30 Toko Baru hingga Akhir 2025
Penerapan layanan omnichannel dan pemanfaatan teknologi digital juga menjadi bagian dari upaya untuk meningkatkan efektivitas dan daya saing operasional perusahaan.
Selain itu, ACES juga sudah menyiapkan strategi promosi yang lebih relevan dan terkurasi untuk menjawab dinamika pasar di sisa tahun ini.
Dengan langkah-langkah strategis tersebut, Perusahaan optimistis dapat menjaga pertumbuhan SSSG di tengah tekanan daya beli yang masih berlangsung.
“Fokus juga diarahkan pada peremajaan nuansa toko, peningkatan kualitas layanan, serta penyempurnaan mutu produk untuk memperkuat loyalitas dan mendorong frekuensi kunjungan pelanggan,” tuturnya.
ACES juga berfokus pada pembenahan operasional untuk lebih efisien sesuai dengan kondisi saat ini.
Pada tahun 2025, Perusahaan menargetkan pembukaan 25–30 toko AZKO, terutama di wilayah lapis kedua dan ketiga di Indonesia. Hingga Oktober 2025, target tersebut telah terealisasi sebanyak 18 toko baru, yang turut memperluas jangkauan AZKO ke 12 wilayah baru di Indonesia, di antaranya Papua, Indramayu, Palu, Pematang Siantar, Cianjur, Kolaka, Bukittinggi, Rantau Prapat, dan Palangkaraya.
Baca Juga: Intip Rekomendasi Saham Aspirasi Hidup (ACES), Kinerja Diproyeksi Tumbuh Mini
“Sisa target pembukaan toko-toko berikutnya akan terus dilakukan hingga akhir tahun ini,” sebutnya.
ACES melaporkan realisasi penggunaan belanja modal (Capex) sebesar Rp 132 miliar per kuartal III-2025, dari total alokasi capex di tahun 2025 sebesar Rp 250 miliar hingga Rp 300 miliar.
Penggunaan capex sendiri difokuskan untuk mendukung inisiatif strategis, termasuk pembukaan toko-toko baru yang sebagian besar dijadwalkan pada paruh kedua tahun ini, serta pembaruan konsep pada toko-toko eksisting.
Dari sisi kinerja keuangan, penjualan bersih ACES naik tipis 1,69% year on year (yoy) menjadi Rp 6,33 triliun hingga kuartal III-2025, dari sebelumnya Rp 6,22 triliun pada periode yang sama tahun lalu.
Kenaikan penjualan tersebut belum mampu mendorong pertumbuhan laba. Tercatat, laba periode berjalan yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk alias laba bersih turun 16,21% yoy menjadi Rp 481,09 miliar, dibandingkan Rp 574,22 miliar pada sembilan bulan pertama tahun 2024.
Selanjutnya: Ramalan Zodiak Keuangan dan Karier Hari Kamis 13 November 2025: Siapa Mendominasi?
Menarik Dibaca: Ramalan Zodiak Keuangan dan Karier Hari Kamis 13 November 2025: Siapa Mendominasi?
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News













