Reporter: Vina Elvira | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Aspirasi Hidup Indonesia Tbk (ACES) melanjutkan ekspansi pembukaan toko baru di sepanjang 2025. Hingga bulan September perseroan telah merealisasikan 16 toko baru AZKO dengan menjangkau 11 wilayah baru.
Head of Corporate Communications & Sustainability Aspirasi Hidup Indonesia Melinda Pudjo mengatakan, sisa target pembukaan toko baru akan direalisasikan secara bertahap hingga akhir tahun. Dengan demikian, target ekspansi 25 gerai–30 gerai pada 2025 dapat tercapai.
“Fokus pengembangan toko baru kami diarahkan ke luar Pulau Jawa, khususnya di kota-kota berkembang lapis kedua dan ketiga di Indonesia yang memiliki potensi pasar besar,” ungkap Melinda, kepada Kontan.co..id, Kamis (25/9/2025).
Adapun, beberapa wilayah baru yang berhasil dijangkau ACES antara lain Abepura, Sorong, Indramayu, Palu, Singaraja, Cianjur, Pematang Siantar, Kolaka, Bukittinggi, dan Rantau Prapat.
Baca Juga: Getol Ekspansi, ACES Realisasikan Capex Rp 86,7 Miliar per Juni 2025
Strategi ini sejalan dengan komitmen perusahaan untuk semakin dekat dengan pelanggan di berbagai wilayah, sekaligus memperluas akses terhadap solusi kebutuhan rumah dan gaya hidup yang lebih baik.
Pada tahun ini ACES menyiapkan alokasi belanja modal atau capital exoenditure (Capex) sebesar Rp250 miliar–Rp 300 miliar. Hingga semester pertama, realisasi capex telah mencapai sekitar Rp87 miliar.
Penggunaan capex tersebut difokuskan untuk mendukung inisiatif strategis, mulai dari pembukaan toko-toko baru yang sebagian besar dijadwalkan pada paruh kedua tahun ini hingga pembaruan konsep pada toko-toko eksisting agar semakin relevan dengan kebutuhan pelanggan.
Dia menyebutkan, perseroan tetap mengupayakan kinerja bisnis yang maksimal di tengah kondisi makro yang masih belum stabil.
Baca Juga: Aspirasi Hidup (ACES) Bidik Ekspansi hingga 30 Gerai Azko pada 2025, Cek Prospeknya
Perusahaan fokus pada beberapa hal utama, yaitu efisiensi operasional, penguatan rantai pasok, serta pemanfaatan teknologi untuk mendukung kanal penjualan offline maupun online.
ACES terpantau mampu meraih kinerja positif di semester pertama. Penjualan ACES tercatat sebesar Rp 4,26 triliun, atau naik 3,24% dari Rp 4,13 triliun pada periode yang sama tahun 2024.
Namun, laba ACES justru menurun 19,92% menjadi Rp 292 miliar di periode semester I-2025, dari sebelumnya Rp 365 miliar di posisi yang sama tahun sebelumnya.
Baca Juga: Kinerja ACES Bisa Tertekan Seiring Kembalinya Ace Hardware, Cek Rekomendasi Sahamnya
Selanjutnya: Gedung Putih Dukung Tony Blair Pimpin Administrasi Sementara Gaza
Menarik Dibaca: Tips Praktis Nutrisi Anak Gen Alpha Lewat Susu & Mikronutrien
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News