kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45889,80   -6,05   -0.68%
  • EMAS1.327.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

IPCC Menjajaki Ekspansi Pengelolaan Terminal Kendaraan di Kawasan Asia Tenggara


Senin, 27 Februari 2023 / 16:03 WIB
IPCC Menjajaki Ekspansi Pengelolaan Terminal Kendaraan di Kawasan Asia Tenggara
ILUSTRASI. Indonesia Kendaraan Terminal (IPCC) melihat peluang ekspansi di kawasan Asia Tenggara


Reporter: Ridwan Nanda Mulyana | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Indonesia Kendaraan Terminal Tbk (IPCC) melihat peluang ekspansi di kawasan Asia Tenggara. IPCC menjajaki kerja sama dengan sejumlah pihak untuk pengelolaan terminal kendaraan berikut sejumlah pelayanan yang ada di dalam ekosistemnya pada area BIMP-EAGA.

BIMP-EAGA sendiri adalah Brunei Darussalam - Indonesia - Malaysia - Philippines East ASEAN Growth Area. Merupakan salah satu kerja sama ekonomi sub regional yang dibentuk pada tahun 1994 dengan tujuan utama meningkatkan kerja sama ekonomi dan integrasi di antara wilayah anggotanya.

Entitas usaha PT Pelabuhan Indonesia (Persero) atau Pelindo Group ini melihat potensi pengembangan kerja sama di wilayah BIMP-EAGA. Hal ini juga sejalan dengan rute pengembangan ekspansi IPCC untuk pengelolaan terminal kendaraan di wilayah Indonesia Timur, yang secara geografis dekat dengan wilayah BIMP-EAGA.

Direktur Utama Indonesia Kendaraan Terminal, Rio T.N Lasse, menyampaikan negara-negara tersebut juga merupakan tujuan ekspor kendaraan dari Indonesia, khususnya dari terminal IPCC. Area BIMP merupakan pasar yang potensial untuk kolaborasi pengembangan RoRo services.

Baca Juga: Indonesia Kendaraan Terminal (IPCC) Catat Kenaikan Bongkar Muat

"Kami melihat kerja sama BIMP-EAGA ini dapat berimbas positif pada bisnis terminal kendaraan dan juga ekosistemnya di masa depan. Area BIMP merupakan pasar yang sangat potensial untuk kolaborasi pengembangan pelayanan RoRo," terang Rio dalam keterangan resmi, Senin (27/2).

Apalagi, ketika Ibu Kota Negara baru di Kalimantan Timur segera terealisasi, maka rute RoRo ke wilayah BIMP dapat lebih efektif dan efisien. Rio mengatakan, penjajakan kerja sama dengan sejumlah pihak dalam area BIMP itu sejalan dengan implementasi tiga program prioritas IPCC, yakni digitalization, expansion, dan integration.

Sebagai informasi, pameran dan conference BIMP-EAGA Maritime 2023  telah digelar di Jakarta, 22-23 Februari 2023. Pelindo bertindak sebagai host yang didukung oleh BIMP-EAGA Business Council (BEBC), Kadin Indonesia, dan The Chartered Institute of Logistic and Transport.

 

Acara dihadiri oleh berbagai pihak, termasuk para pelaku usaha yang bergerak di bidang industri maritim dan logistik dari berbagai negara. IPCC turut berpartisipasi dalam pameran BIMP-EAGA Maritime 2023 untuk mendukung road map Pelindo Group yaitu expansion, partnership and connectivity.

Dari sisi pergerakan saham, IPCC ditutup menguat 1,55% ke posisi harga Rp 655 per lembar pada perdagangan Senin (27/2). Pergerakan saham IPCC tercatat menguat 14,91% sejak awal tahun 2023.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×