CLOSE [X]
kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.012,04   -6,29   -0.62%
  • EMAS990.000 0,00%
  • RD.SAHAM -0.27%
  • RD.CAMPURAN 0.00%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.09%

Island Concepts Indonesia (ICON) Kembangkan Proyek Vila di Jimbaran


Minggu, 26 Juni 2022 / 15:44 WIB
Island Concepts Indonesia (ICON) Kembangkan Proyek Vila di Jimbaran
ILUSTRASI. Island Concepts Indonesia (ICON) bakal menggarap sejumlah proyek vila anyar di Jimbaran, Bali.


Reporter: Muhammad Julian | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Island Concepts Indonesia Tbk bakal menggarap proyek anyar di Bali. Emiten properti dengan kode saham “ICON” di Bursa Efek Indonesia itu berencana mengembangkan sejumlah vila di daerah Jimbaran.

Direktur ICON Ocktavianus Kuntjoro mengatakan, proses pembangunan vila diestimasikan bakal memakan waktu selama 3 tahun, dimulai dari paruh kedua tahun 2022. Tahun ini, ICON mengalokasikan belanja modal atau capital expenditure (capex) sekitar Rp 20 miliar di tahun buku 2022 untuk memulai proyek tersebut.

“Dari internal tidak menggunakan pendanaan dari bank, mungkin shareholder loan,” tutur Octavianus kepada Kontan.co.id, Minggu (26/6).

Mengutip laporan keuangan interim perusahaan, ICON tercatat memiliki kas dan setara kas akhir tahun sebesar Rp 23,34 miliar per 31 Maret 2022 lalu, naik 17,90% dari posisi kas dan setara kas awal tahun (tahun buku 2022) yang sebesar Rp 19,79 miliar.

Baca Juga: Jaya Real Property (JRPT) Targetkan Marketing Sales Naik 5%-10% Tahun Ini

Belum ketahuan berapa total kebutuhan investasi untuk pembangunan proyek vila baru ICON di Jimbaran, begitu pula jumlah shareholder loan yang akan dialokasikan untuk proyek ini  andaikata opsi pendanaan tersebut jadi diterapkan.

Dalam proyek vila baru ini, ICON melalui anak usahanya yang bergerak di bidang properti, yakni PT Bhumi Lestari Makmur (BLM), akan mengembangkan sebanyak 35 unit vila di atas lahan seluas 1,5 hektare  (ha)  di daerah Jimbaran. Kebetulan, ICON memang sudah mempunyai land bank di daerah tersebut.

Unit vila yang akan dibangun direncanakan memiliki 2 lantai dengan 2-3 kamar. Tema yang diusung ialah modern balinese dengan konsep  open kitchen:antara dapur, ruang makan, ruang keluarga menyatu dan terbuka tanpa sekat. Target pasarnya menyasar warga urban yang mengidamkan rumah liburan di Bali.

Oktavianus tidak merinci berapa rata-rata kisaran harga yang akan ditetapkan terhadap vila-vila yang dikembangkan. Yang terang, menurut proyeksi Octavianus, ICON bisa mengantongi penjualan sekitar Rp 200  miliar dari keseluruhan proyek vila baru ini.

Di samping mengembangkan proyek vila, ICON juga memacu pendapatan  PT Patra Supplies and Services (PSS), anak usaha perusahaan yang bergerak di bidang jasa katering dan pengelolaan fasilitas.

ICON menargetkan, pendapatan PSS mencapai Rp 177 miliar di tahun 2022, naik sekitar 30% dari pendapatan PSS di tahun 2021 yang berjumlah sekitar Rp 137 miliar. Asal tahu, angka tersebut lebih besar dari pendapatan konsolidasi ICON di tahun 2021 yang sebesar Rp 140,65 miliar.

Catatan saja, dalam 2 tahun terakhir ini (2020-2021), pendapatan ICON memang  ditopang oleh lini usaha katering dan akomodasi PSS.

“Saat ini Patra melayani beberapa perusahaan minyak, gas dan tambang meliputi termasuk Petrochina, Pertamina Hulu Energi, Rekayasa Industri, Buma, dan juga Vale Indonesia,” tutur Oktavianus.

Baca Juga: Simak Prospek Bisnis Island Concepts (ICON) di Tengah Lonjakan Kasus Covid-19

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×