kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.343.000 -0,81%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Jababeka (KIJA) Fokus Bangun Kota Mandiri Berkonsep TOD Melalui Trans-Jababeka


Kamis, 14 Desember 2023 / 16:34 WIB
Jababeka (KIJA) Fokus Bangun Kota Mandiri Berkonsep TOD Melalui Trans-Jababeka
Shuttle bus Kota Jababeka-LRT City Bekasi.


Reporter: Rashif Usman | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Jababeka Tbk (KIJA) menegaskan komitmennya dalam mewujudkan Kota Jababeka menjadi kota mandiri berkonsep Transit Oriented Development (TOD) dan environmentally sustainable melalui Trans-Jababeka. 

Trans-Jababeka sendiri merupakan layanan transportasi massal terintegrasi yang melayani pergerakan masyarakat di Jababeka-Cikarang, baik di dalam kawasan maupun antar kawasan dari Kabupaten Bekasi hingga menyentuh Jakarta dan wilayah aglomerasi Jabodetabek dan sekitarnya.

Terbaru, Jababeka meluncurkan layanan angkutan antar jemput atau shuttle bus LRT City Bekasi menuju Kota Jababeka dalam rangka mendukung kota Jababeka mandiri berkonsep TOD yang disediakan oleh perusahaan AO Shuttle.

Cynthia Hendrayani selaku Chief Operating Officer PT Jababeka Infrastruktur menerangkan, hadirnya shuttle bus Jababeka-LRT City Bekasi akan melengkapi sejumlah layanan angkutan umum massal di Trans-Jababeka. 

"Kami harapkan dari layanan ini bisa memudahkan warga atau pekerja di kawasan Kota Jababeka bisa benar-benar terlayani. Dan minat masyarakat atau pekerja di kawasan kami menggunakan angkutan umum semakin meningkat, " ungkap Cynthia Hendrayani di Kawasan Jababeka, Rabu (14/12).

Baca Juga: Jababeka (KIJA) Resmikan Pabrik Mini LNG Pertama di Indonesia

Cynthia pun berharap kolaborasi dengan pihak provider dan LRT City Bekasi bisa terus terjaga serta bersinergi dengan Kementerian Perhubungan dan Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Barat serta Kabupaten Bekasi untuk meningkatkan kualitas layananan transportasi di Kota Jababeka. 

"Penggunaan transportasi massal merupakan prioritas kami yang menjadi pilar ke- 6 kami dalam roadmap mencapai net zero Industrial cluster 2050," jelasnya.

Dalam acara yang sama, Manager Operasional AO Shuttle, Benaya menegaskan komitmennya untuk memberikan pelayanan optimal, mulai dari ketepatan waktu, pelayanan crew serta menyediakan armada yang bersih dan nyaman.

Menurutnya, pelayanan yang memiliki standar adalah kunci penting dalam masyarakat mau beralih dari kendaraan pribadi ke transportasi massal.

"Kami bersama dengan Jababeka, LRT City Bekasi dan berbagai instansi, sedang mempromosikan layanan baru ini agar bisa diketahui masyarakat luas, terutama warga kawasan Jababeka maupun pekerja yang di dalam kawasan. Sehingga, setelah flag off, pengguna angkutan feeder ini ramai setiap hari," terang Benaya.

 

Shuttle bus LRT City Bekasi merupakan layanan angkutan massal berbasis bus point to point dengan rute perjalanan Hollywood Junction Jababeka–Kawasan Industri- LRT City Bekasi–Kawasan Industri Jababeka-Hollywood Junction Jababeka.

Adapun angkutan shuttle bus yang dipakai saat uji coba 14 Desember 2023 adalah medium bus dengan kapasitas 30 seat konfigurasi 2-2 dan minibus dengan kapasitas 14 seat konfigurasi 2-1. 

Untuk jadwal jam operasionalnya, shuttle bus akan melayani keberangkatan pagi hari pukul 06.00 dan keberangkatan sore hari  mulai pukul 17.00 dari Hollywood Junction Jababeka menuju LRT City Bekasi. 

Sementara, LRT City Bekasi menuju Hollywood Junction Jababeka beroperasi mulai pukul 07.00 di keberangkatan pagi hari dan keberangkatan sore hari mulai pukul 18.00. 

Benaya menerangkan, pemesanan tiket dan pembayaran bisa dilakukan secara on the spot baik cash maupun cashless dan reservasi online melalui aplikasi AO shuttle dan website AO transportbus.com.

Di samping itu, pihaknya juga menyediakan fitur dalam aplikasi maupun website untuk customer mengetahui dan melacak posisi armada yang akan tiba di tempat titik poin keberangkatan.

Baca Juga: Jababeka (KIJA) Gandeng 2 Universitas Kembangkan KEK Pendidikan dan Teknologi

Ferdian Jamal selaku Project Director LRT City Bekasi mengungkapkan, bahwa adanya shuttle bus ini merupakan langkah tepat untuk masyarakat bisa mengakses moda transportasi LRT, baik untuk berpergian maupun bekerja.

"Kami berharap kerja sama ini mensupport traffic dan demand di Kota Jababeka, baik residensial maupun industri menuju LRT City Bekasi," ucapnya.

Sebagai tambahan informasi, Jababeka sebelumnya sudah memiliki sejumlah layanan angkutan umum untuk Trans-Jababeka, seperti Jabodetabek Residence Connexion dengan rute Hollywood Junction ke Blok M-Jakarta, Jabodetabek Airport Connexion dengan rute Hollywood Junction-Bandara Internasional Soekarno-Hatta, AKDP (Antar Kota Dalam Provinsi) dari Sinar Jaya dengan rute Bogor dan AKDP dari Primajasa dengan rute Hollywood Junction-Bandung

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×