kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45906,29   2,96   0.33%
  • EMAS1.310.000 -0,23%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Jadi Salah Satu Orang Terkaya Indonesia, Toto Sugiri Beberkan Rahasia Suksesnya


Jumat, 07 Juli 2023 / 17:44 WIB
Jadi Salah Satu Orang Terkaya Indonesia, Toto Sugiri Beberkan Rahasia Suksesnya
President Director PT DCI Indonesia Otto Toto Sugiri bersiap meresmikan Kampus Pusat Data H2 di Karawang, Jawa Barat, Kamis (22/6/2023). Jadi Salah Satu Orang Terkaya Indonesia, Toto Sugiri Beberkan Rahasia Suksesnya.


Sumber: Kompas.com | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Salah satu orang terkaya di Indonesia yang menduduki peringkat ke-23 di Indonesia dan peringkat ke-1.622 di dunia menurut Forbes adalah Otto Toto Sugiri. Beliau mengungkapkan bahwa memiliki prinsip adalah kunci kesuksesan.

Salah satu prinsip yang dipegang teguh oleh Toto hingga saat ini adalah menjauhi utang dan tidak meminta-minta.

"Saya tidak merasa malu, malu itu jika saya harus meminta-minta kepada orang lain, termasuk kepada orangtua saya sendiri," ujar Toto Sugiri kepada Kompas.com, Rabu (5/7/2023). 

Jumlah kekayaan Toto tercatat sebesar US$1,9 miliar, atau sekitar Rp 28,5 triliun. 

Baca Juga: Bisnis Data Center Kian Ketat, Begini Jurus DCI Indonesia (DCII) Jaga Pertumbuhan

Ia juga dijuluki sebagai Bill Gates-nya Indonesia karena sumbangsihnya di industri teknologi melalui upayanya membangun pusat data di Indonesia melalui PT DCI Indonesia Tbk (DCII), yang bertujuan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi digital di Tanah Air.

Namun, tak banyak yang tahu bahwa kehidupan Toto jauh dari kemewahan. Ia tetap mempertahankan prinsipnya untuk menjalani kehidupan sesederhana mungkin. Toto bercerita bahwa saat ia menjadi mahasiswa di Jerman, ia sering berdiskusi dengan teman-temannya tentang tujuan hidup. 

Ia menyadari bahwa banyak manusia mencari ketenangan batin yang tidak dapat diukur dengan uang. Toto juga menekankan pentingnya pengelolaan keuangan yang baik, yang merupakan modal penting dalam hidup, termasuk ketika membangun keluarga. 

Ia berpendapat bahwa satu hal yang penting adalah tidak bergantung pada pinjaman untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. "Saat saya tidak punya uang, saya menjadi sopir taksi di akhir pekan..." ujarnya.

Baca Juga: Incar Pertumbuhan Laba Bersih 30%, DCI Indonesia (DCII) Garap Proyek Strategis




TERBARU

[X]
×