kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45893,43   -4,59   -0.51%
  • EMAS1.306.000 -0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Jadwal dan Ketentuan Diskon Tarif Tol Trans Jawa Periode Nataru


Jumat, 22 Desember 2023 / 04:49 WIB
Jadwal dan Ketentuan Diskon Tarif Tol Trans Jawa Periode Nataru
ILUSTRASI. Jasa Marga memberlakukan diskon tarif Tol Trans Jawa sebesar 10% untuk ruas dari Jakarta menuju Semarang dan sebaliknya. ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho


Sumber: Kompas.com | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Bagi pengguna jalan tol Trans Jawa, informasi ini patut disimak. 

Pasalnya, PT Jasa Marga (Persero) Tbk memberlakukan diskon tarif Tol Trans Jawa sebesar 10% untuk ruas dari Jakarta menuju Semarang dan sebaliknya pada periode Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru). 

Melansir Kompas.com, diskon tarif Tol Trans Jawa akan berlaku dari Gerbang Tol (GT) Cikampek Utama Jalan Tol Jakarta-Cikampek menuju GT Kalikangkung Jalan Tol Batang-Semarang pada arus mudik dan dari GT Kalikangkung Jalan Tol Batang-Semarang menuju GT Cikampek Utama Jalan Tol Jakarta-Cikampek pada arus balik. 

Menurut Corporate Communication and Community Development Group Head Jasa Marga Lisye Octaviana, pemberlakuan diskon tarif tol ini merupakan bentuk peningkatan pelayanan bagi pengguna jalan tol yang juga bertujuan untuk memaksimalkan distribusi lalu lintas. 

"Hal ini untuk menghindari penumpukan kendaraan pada satu tanggal tertentu, terutama yang telah diprediksi menjadi puncak arus mudik dan arus balik periode libur Nataru 2023/2023 serta dalam rangka menjaga kecepatan rata-rata dari Jakarta menuju Semarang sekitar 70 km/jam atau dengan menempuh waktu sekitar kurang dari 6 jam jika tanpa berhenti," ujarnya dalam keterangan tertulis, Rabu (20/12/2023). 

Dia menjelaskan, diskon tarif tol tersebut hanya berlaku untuk perjalanan menerus, bagi pengguna jalan yang melakukan perjalanan menerus, melakukan tap in dari GT Cikampek Utama dan melakukan tap out di GT Kalikangkung serta sebaliknya. 

Baca Juga: Hore! Jalan Tol Serpong-Cinere Seksi 2 Pamulang-Cinere Sudah Bisa Dilalui

Diskon tarif ini berlaku untuk pengguna jalan yang menggunakan uang elektronik. Namun diskon tarif tidak berlaku apabila transaksi dengan saldo uang elektronik tidak mencukupi atau tidak terbaca asal dan golongan kendaraan. 

Untuk itu Jasa Marga mengimbau pengguna jalan memastikan kecukupan saldo e-toll dan BBM serta memastikan kondisi kendaraan maupun pengendaranya dalam kondisi prima. 

"Khusus untuk perjalanan di Jalan Tol Trans Jawa dengan sistem transaksi tertutup (tarif sesuai jarak), hanya bisa menggunakan e-toll yang sama saat tap in dan tap out sehingga saat saldo kurang tidak bisa meminjam e-toll pengguna jalan lainnya. Untuk itu sekali lagi, pastikan kecukupan saldo e-toll untuk menghindari antrean di gerbang tol," jelasnya. 

Baca Juga: Libur Nataru, Astra Tol Cipali Beri Diskon Tarif Tol 10%, Catat Tanggalnya




TERBARU

[X]
×