Reporter: Ali Imron | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie
JAKARTA. Untuk mengamankan pangsa pasarnya, Astra Honda Motor (AHM) mulai atur strategi di tahun kerbau ini. Salah satunya dengan meluncurkan varian terbaru ke pasaran dan masuk ke kelas di bawah 125 cc. Produk tersebut dinamakan Absolute Revo.
Tujuan AHM merilis motor tersebut tak lain untuk mengganjal laju Yamaha Vega ZR yang terlebih dulu keluar pada akhir tahun lalu. “Kami ingin mempertahankan sebagai market leader untuk kelas di bawah 125 cc,” kata Direktur Pemasaran AHM Johannes Loman, Jumat (30/1) di Jakarta.
Untuk target penjualan, Honda berharap bisa menjual sekitar 70.000 unit per bulan di tahun 2009. Angka ini naik 16% bila dibandingkan dengan target penjualan 2008 di mana penjualan per bulan hanya sekitar 60.000 unit. “Dengan angka penjualan itu, market share kami di Indonesia sekitar 33,8%,’’ katanya.
Total penjualan motor Revo sepanjang 2008 kemarin berhasil menembus angka 670.000 unit. Artinya, ada kenaikan sebesar 21% bila dibandingkan dengan tahun lalu yang hanya mencapai 561.275 unit. Dengan tingkat penjualan sebesar itu membuat Honda memimpin di segmen ini dengan market share 33%.
Poisisi kedua ditempati oleh Yamaha Vega dengan angka penjualan di 2008 sekitar 539.493 unit. Jumlah penjualan ini naik tipis sekitar 1,3% bila dibandingkan dengan 2007 yang mencapai 532.558 unit. Kini, Yamaha berhasil menggenggam market share sebesar 27%.
Di posisi ketiga ada Suzuki dengan angka penjualan 2008 sekitar 236.000 unit. Angka penjualan ini mengalami kenaikan tipis sekitar 1% bila dibandingkan dengan 2007 yang penjualannya mencapai 235.000 unit. Market share Suzuki saat ini sekitar 11,6%.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News