CLOSE [X]
kontan.co.id
| : WIB | INDIKATOR |

Jakarta Propertindo (Jakpro) mulai gencar mengembangkan bisnis properti


Minggu, 12 Agustus 2018 / 17:16 WIB

Jakarta Propertindo (Jakpro) mulai gencar mengembangkan bisnis properti
ILUSTRASI. Kerjasama pembangunan Apartemen Saumata Premier


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Jakarta Propertindo (Jakpro) dikenal sebagai perusahaan pengembang. Namun, pendapatan badan usaha milik daerah (BUMD) DKI Jakarta ini tidak ditopang oleh bisnis properti melainkan dari bisnis teknologi informasi dan komunikasi (TIK).

Oleh karena itu, Jakpro saat ini mulai mempersiapkan diri untuk semakin memperbesar bisnis propertinya. Selain mendapatkan penugasan dari pemerintah provinsi DKI untuk membangun dua proyek hunian untuk mendukung program rumah tanpa uang muka alias DP Rp 0, perusahaan ini juga berencana mengembangkan beberapa proyek properti lain di Jakarta.

Direktur Utama Jakpro, Dwi Wahyu Daryoto mengatakan, pihaknya akan bersinergi dengan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) karya dan BUMD lainnya untuk mengembangkan superblok di atas lahan seluas 100 hektare (ha) di Pulomas, Jakarta Timur.

Jakpro saat ini melalui anak usahanya PT Pulomas Jas memiliki lahan seluas 300 ha dimana 100 ha diantaranya merupakan zona komersial. Sebagian lahan tersebut saat ini sudah dikembangkan menjadi arena pacuan kuda Jakarta Equistrian Park Pulomas untuk menunjang perhelatan Asian Games.

"Zoan komersial 100 ha itu akan kami kembangkan menjadi superblok. Kami akan bersinergi dengan BUMN dan BUMD untuk mengembangkan lahan itu. Kami akan tawarkan ke investor sehingga pengembangannya tidak akan membebani APBD. Kami akan cari pendanaan sendiri dan itu akan jadi recurring income kami nantinya," jelas Dwi di Jakarta akhir pekan lalu.

Tahap pertama, Jakpro akan mengembangkan lahan seluas 2,5 ha yang akan terintegrasi ke stasiun LRT Jakarta. Hendra Lesmana, Direktur Jakpro mengatakan, lahan itu akan dikembangkan menjadi proyek Pulomas Park View yang akan merangkum apartemen dan sarana komersial. Proyek dengan konsep transit oriented development (TOD) tersebut akan dibangun dengan menggandeng BUMN.

Selain Pulomas, Jakpro juga akan mengembangkan proyek apartemen di apartemen di Senopati tahun depan. Hanya saja, Dwi belum menjelaskan lebih rinci terkait rencana proyek itu.

Dwi menambahkan, dalam mengembangkan bisnis properti saat ini Jakpro akan fokus untuk mengoptimalkan aset perusahaan yang sudah ada. Namun, perusahaan tidak akan berhenti di situ saja. Mereka juga akan terus melakukan penambahan lahan."Kalau di Jakarta sudah tidak ada lahan, kami bisa cari lahan keluar Jakaarta. Tidak jadi masalah BUMD Jakarta ekspansi ke daerah lain. Kemungkinan itu sedang kami diskusikan saat ini," kata Dwi.


Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk
Editor: Yoyok
Video Pilihan

Hubungi Kami
Redaksi : Gedung KONTAN,
Jalan Kebayoran Lama No. 1119 Jakarta 12210.
021 5357636/5328134
moderator[at]kontan.co.id
Epaper[at]kontan.co.id
Iklan : Gedung KOMPAS GRAMEDIA Unit 2
Lt 2 Jl. Palmerah selatan 22-28
Jakarta Selatan 10740.
021 53679909/5483008 ext 7304,7306
2019 © Kontan.co.id All rights reserved
Sitemap | Profile | Term of Use | Pedoman Pemberitaan Media Siber | Privacy Policy

diagnostic_api_kiri = 0.0004 || diagnostic_api_kanan = 0.0025 || diagnostic_web = 0.1692

Close [X]
×