kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.520.000   12.000   0,80%
  • USD/IDR 15.880   50,00   0,31%
  • IDX 7.196   54,65   0,77%
  • KOMPAS100 1.104   9,46   0,86%
  • LQ45 877   10,80   1,25%
  • ISSI 221   0,74   0,34%
  • IDX30 449   6,10   1,38%
  • IDXHIDIV20 540   5,33   1,00%
  • IDX80 127   1,26   1,00%
  • IDXV30 135   0,57   0,43%
  • IDXQ30 149   1,56   1,06%

Jangan kaget bila tiket Garuda semakin mahal, ini alasannya


Rabu, 10 Juni 2020 / 06:46 WIB
Jangan kaget bila tiket Garuda semakin mahal, ini alasannya
ILUSTRASI. Dua pramugari Garuda Indonesia berpose sebelum memulai keberangkatan penerbangan perdana Maskapai Garuda Indonesia rute Palembang-Padang, di Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang, Sumsel, Jumat (31/8). Maskapai Garuda membuka penerbangan rute Pale


Reporter: Ika Puspitasari | Editor: Adi Wikanto

KONTAN.CO.ID - Jakarta. Kementerian Perhubungan memperbarui kebijakan batas angkut jumlah penumpang selama masa pembatasan sosial berskala besar (PSBB) transisi menjadi 70% dari semula 50%.

Namun peningkatan batas maksimal jumlah penumpang dianggap belul menjadi solusi bagi industri penerbangan. Oleh karena itu, PT Garuda Indonesia Tbk (GIAA) tengah bersiap merevisi harga tiket penerbangan.

Direktur Utama PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk, Irfan Setiaputra mengatakan, saat ini pihaknya sedang fokus untuk mencari cara agar pelanggan tak menanggung biaya tambahan, misalnya saja sekarang ini penumpang pesawat harus memiliki surat bebas corona hasil rapid test.

Menurutnya, dengan adanya tambahan biaya bagi pelanggan dapat memangkas jumlah penumpang. Kalaupun tingkat okupansi terisi penuh sebesar 70%, emiten ini masih harus menutup kehilangan keuntungan.

"Pertanyaannya adalah, apakah ada biaya yang bisa diturunkan? Apakah harga avtur bisa diturunkan, atau harga parkir juga bisa diturunkan?" ungkapnya pada saat diskusi online, Selasa (9/6).

Selain menekan biaya operasional, sambungnya, menaikan harga tiket juga bisa menjadi salah satu alternatif bagi perusahaan ini.

Ia mengaku pihaknya masih membahas mengenai penyesuaian harga tiket.

Yang jelas, Irfan memastikan kalaupun ada kenaikan harga tiket maksimal 20%. "Kalau kami naikkan maksimum 20% enggak sampai dua kali lipat," tambahnya.

Ia juga memprediksi prioritas pelanggan ke depan akan lebih kepada rasa aman dan nyaman. Sehingga, penumpang tak hanya memilih maskapai dari segi harganya saja, tapi juga keselamatan dan kenyamanan. Penyesuaian harga tiket ini juga sejalan dengan emiten bersandi GIAA ini menjalankan protokol kesehatan lantaran membutuhkan biaya lebih.

Tak hanya melakukan efisiensi, untuk mendulang pendapatan GIAA dengan menggejot pendapatan dari kargo. Perusahaan ini mengoptimalkan bisnis angkutan pengiriman kargo dan memasang target pergerakan traffic yang lebih tinggi.

Sepanjang tahun 2019, PT Garuda Indonesia Tbk berhasil membalik posisi rugi menjadi laba. GIAA mengantongi laba yang dapat diatribusikan pada pemilik entitas induk sebesar US$ 6,99 juta, dari sebelumnya yang masih mencatat rugi hingga US$ 231,13 juta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Working with GenAI : Promising Use Cases HOW TO CHOOSE THE RIGHT INVESTMENT BANKER : A Sell-Side Perspective

[X]
×