kontan.co.id
| : WIB | INDIKATOR |

Jaringan listrik Trans Sumatera ditargetkan selesai tahun ini


Minggu, 03 Maret 2019 / 22:23 WIB

Jaringan listrik Trans Sumatera ditargetkan selesai tahun ini

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pemerintah baru saja meresmikan empat proyek kelistrikan di Jambi. Dari keempat proyek tersebut, terdapat proyek kelistrikan ini merupakan bagian dari proyek jaringan listrik Trans Sumatera.

Peresmian dilakukan oleh Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan pada Minggu (3/3) di Kabupaten Sarolangun, Jambi. Infrastruktur kelistrikan yang diresmikan terdiri dari Gardu Induk 150 kV Sarolangun, Transmisi 150 kV Muara Bulian-Sarolangun, Gardu Induk 150 kV Sungai Penuh dan Transmisi 150 kV Bangko-Merangin-Sungai Penuh.


Panjang transmisi 150 kV Muara Bulian-Sarolangun yaitu 83,6 kms dan terdiri dari 245 tower yang bertujuan untuk menyalurkan tenaga listrik dari beberapa pembangkit yang ada seperti PLTG Batang Hari, PLTG Payo Selincah, dan PLTG CNG Sungai Gelam sehingga dapat didistribusikan kepada masyarakat di Kabupaten Sarolangun dan sekitarnya.

Sedangkan panjang transmisi 150 kV Bangko-Merangin-Sungai Penuh yaitu 137,7 kms dengan 432 tower yang bertujuan untuk memperluas penyediaan tenaga listrik kepada masyarakat di Kabupaten Merangin, Kerinci, Kota Sungai Penuh dan sekitarnya.

Jonan pun menyebut semua daerah harus bisa menikmati listrik tanpa terkecuali karena listrik sudah menjadi kebutuhan dasar masyarakat. Makanya Jonan menargetkan proyek jaringan listrik Trans Sumatera bisa rampung di tahun ini juga.

"Jadi empat infrastruktur yang kami resmikan itu merupakan bagian dari sistem kelistrikan trans Sumatera. Mudah-mudahan sebelum akhir tahun ini jaringan listrik trans Sumatera akan selesai. Jadi listrik yang bisa dinikmati semua wilayah di Sumatera akan sama, baik di Sumsel, Lampung, Jambi akan sama," ungkap Jonan dalam siaran pers pada Minggu (3/3).


Reporter: Febrina Ratna Iskana
Editor: Tendi

Video Pilihan

Terpopuler

Close [X]
×