kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45927,64   6,18   0.67%
  • EMAS1.325.000 -1,34%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Jasa Marga buka sebagian Japek selatan untuk antisipasi lonjakan kendaraan saat mudik


Selasa, 12 Mei 2020 / 19:02 WIB
Jasa Marga buka sebagian Japek selatan untuk antisipasi lonjakan kendaraan saat mudik
ILUSTRASI. Jalan tol layang (elevated) Jakarta-Cikampek II di Bekasi, Jawa Bara. ANTARA FOTO/ Fakhri Hermansyah/foc.


Reporter: Selvi Mayasari | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Jasa Marga Tbk telah menyiapkan jalan tol Jakarta-Cikampek (Japek) Selatan untuk mengantisipasi lonjakan kendaraan pada saat lalu lintas Lebaran. Setidaknya, Paket 3 Japek Selatan sudah siap digunakan fungsional saat Lebaran nanti.

Regional Jasa Marga Metropolitan Tollroad Division Head Reza Febriano memaparkan, hingga kini konstruksi Paket III Japek Selatan sudah mencapai 24%. Dia mengatakan saat ini jalan di sepanjang paket 3 sudah dilakukan perkerasan beton. Panjangnya sekitar 7,5 km dengan lebar jalan 10 m. Reza menjelaskan jalan ini akan menghubungkan Simpang Susun Sadang menuju Jalan Industri.

Baca Juga: Jasa Marga (JSMR) proyeksikan puncak arus mudik terjadi pada 25 Mei 2020

"Kami sampaikan konstruksi Japek selatan saat ini baru dilakukan di Paket 3 saja, sudah mencapai 24%. Nah ini kondisi jalur fungsional disiapkan, panjangnya 7,5 km dan lebar 10 m," ujar Reza dalam virtual konferensi, Selasa (12/5).

Reza mengatakan, pihaknya akan menyiagakan jalan Japek Selatan untuk mengantisipasi apabila terjadi lonjakan arus lalu lintas dari arah Bandung ke Jakarta pada saat Lebaran. Reza juga menegaskan, pembukaan jalur ini situasional, apabila lalu lintas ternyata landai maka jalan ini tidak akan dibuka. Menurutnya, mulai saat ini sudah berkoordinasi dengan pihak Korlantas Polri dan Kementerian PUPR.

"Pembukaan jalur fungsional ini situasional, jadi kami tegaskan kalau traffic-nya landai dari arah Cipularang ke Jakarta mungkin nggak kami operasikan. Tentu hal ini dilakukan atas dasar diskresi Kepolisian, kami komunikasi terus. Kami juga minta izin ke BPJT dan Bina Marga Kementerian PUPR" kata Reza.

Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Selatan sendiri memiliki panjang 62 km yang terdiri atas 3 paket, yaitu Paket 1 (Jatiasih-Setu/JORR W2) sepanjang 9,3 km, Paket 2 (Setu-Taman Mekar) sepanjang 24,85 km, Paket 3 (Taman Mekar-Sadang) sepanjang 27,85 km.

Baca Juga: Jaga likuiditas, Jasa Marga (JSMR) negosiasi utang dengan kreditur




TERBARU
Kontan Academy
Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet Managing Customer Expectations and Dealing with Complaints

[X]
×