CLOSE [X]
kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.003,61   -12,39   -1.22%
  • EMAS973.000 0,21%
  • RD.SAHAM -1.86%
  • RD.CAMPURAN -0.70%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Jasa Marga (JSMR) kebut penyelesaian dua ruas jalan tol hingga akhir tahun 2021


Rabu, 08 September 2021 / 20:35 WIB
Jasa Marga (JSMR) kebut penyelesaian dua ruas jalan tol hingga akhir tahun 2021
ILUSTRASI. Tol Jasa Marga (JSMR)


Reporter: Sugeng Adji Soenarso | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Jasa Marga Tbk (JSMR) menargetkan dapat menyelesaikan dua ruas jalan tol hingga akhir tahun 2021.

Corporate Communication & Community Development Group Head JSMR Dwimawan Heru Santoso mengatakan, ruas jalan tol yang akan dioperasikan perusahaan dalam waktu dekat adalah Manado-Bitung untuk seksi Danowudu - Bitung. 

Lebih lanjut, perusahaan pelat merah ini juga menargetkan konstruksi akan selesai pada Oktober dan lanjut uji laik fungsi pada November 2021. "Desember kemungkinan akan dioperasikan," kata dia dalam paparan publik virtual, Rabu (8/9).

Selain itu, JSMR juga akan menargetkan penyelesaian ruas jalan tol Cinere-Serpong untuk seksi Cinere-Pamulang sepanjang 3 kilometer (km). Sebelumnya, ruas tol Cinere Serpong seksi I Serpong-Pamulang sudah dioperasikan secara komersil pada 2 Juni 2021.

Namun, untuk benar-benar mengoperasikan seksi Cinere-Pamulang, JSMR masih harus menunggu penyelesaian oleh BUJT lain di JOOR 2 yaitu PT Trans Lingkar Kita Jaya (TLKJ) untuk pengerjaan sepanjang 800 meter ke akses Limo.

Baca Juga: Jasa Marga (JSMR) pastikan proyek kereta cepat akan selesai tepat waktu

 

 

"Target pemerintah penyelesaian oleh TLKJ pada akhir kuartal pertama atau awal kuartal kedua tahun depan," jelas Dwimawan. 

Pada tahun ini, JSMR sendiri telah menambah empat ruas jalan tol. Ruas tersebut yaitu, Bogor Ring Road Seksi 3A (2,85 km), Tol Cengkareng-Batuceper-Kunciran (14,19 km), Tol Serpong - Cinere seksi I Serpong-Pamulang (6,50 km), dan Tol Balikpapan-Samarinda seksi I&IV (32,40 km).

Selain mengejar kedua ruas yang akan diselesaikan tahun ini, Jasa Marga juga terus melanjutkan pengerjaan pada proyek Jakarta Cikampek II bagian Selatan (Japek II Selatan). Heru menjelaskan, perusahaan saat ini fokus pengerjaan mulai sisi Timur terlebih dahulu atau seksi 3.

"Progres konstruksi 51%, tanah 87%, dan kami berharap akhir tahun 2022 seksi 3 akan selesai lebih awal, sisanya akan berlanjut untuk seksi 2 dan 1," lanjut dia. 

Sementara itu, untuk Tol Bawen-Jogja dan Probolinggo-Banyuwangi sampai saat ini masih dalam proses pembebasan lahan. JSMR mencatat, per 27 Agustus 2021 pembebasan lahan Tol Bawen-Jogja baru 0,97%. Kemudian, untuk Probolinggo-Banyuwangi 24,88%. Kedua ruas tol itu belum ada kegiatan konstruksi.

 

Selanjutnya: Mandom Indonesia (TCID) belum berencana tambah pasar ekspor baru anyar di tahun ini

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×