kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Jasa Marga: Volume kendaraan keluar Jakarta akan naik 21,77% pada libur panjang ini


Senin, 26 Oktober 2020 / 18:45 WIB
Jasa Marga: Volume kendaraan keluar Jakarta akan naik 21,77% pada libur panjang ini
ILUSTRASI. Sejumlah kendaraan melaju di jalan tol layang Jakarta - Cikampek (Japek) KM 47, Karawang, Jawa Barat,


Sumber: Kompas.com | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Jasa Marga (Persero) Tbk (JSMR) memprediksi volume lalu lintas (lalin) keluar Jakarta selama periode libur Maulid Nabi Muhammad SAW akan naik 21,77 % dibandingkan kondisi normal.

Angka tersebut dihitung selama empat hari yakni, mulai Selasa (27/10/2020) hingga Jumat (30/10/2020).

Operation and Maintenance Management Group Head Jasa Marga Pratomo Bimawan Putra mengatakan hal itu dalam siaran pers, Senin (26/10/2020).

Baca Juga: Kemendagri menghimbau Pemda siapkan protokol kesehatan di lokasi wisata

"Prediksi tersebut merupakan angka kumulatif lalin dari beberapa Gerbang Tol (GT) utama yakni, GT Cikupa (arah Barat), GT Ciawi (arah Selatan), serta GT Cikampek Utama dan Kalihurip Utama (arah Timur)," jelas Bima.

Bima melanjutkan, distribusi mayoritas lalin meninggalkan Jakarta ke arah Timur menuju Jalan Tol Trans Jawa dan Jalan Tol Cipularang dan Padaleunyi sebesar 48,17 %.

Kemudian, 28,32 % ke arah Barat menuju Banten/Merak dan 23,51 % ke arah Selatan yang merupakan lalu lintas lokal menuju Bogor/Puncak/Ciawi.

Untuk mengantisipasi peningkatan lalu lintas ini, Jasa Marga juga melakukan sejumlah upaya peningkatan pelayanan operasional dengan tetap menerapkan protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19, seperti di layanan lalu lintas, transaksi, maupun konstruksi.

Bima mengatakan, Jasa Marga meningkatkan kapasitan layanan di GT Utama dengan menyiapkan petugas mobile reader dan menyiapkan GT sementara di Km 149 Gedebage Jalan Tol Padalarang-Cileunyi sebagai antisipasi kepadatan keluar Cileunyi.

Jasa Marga telah melakukan penghentian sementara pekerjaan konstruksi pada periode libur Maulid Nabi, menyiapkan petugas siaga 24 jam untuk pekerjaan pemeliharaan rutin Standar Pelayanan Minimal (SPM), serta pembersihan saluran untuk antisipasi genangan air.

Dalam layanan lalu lintas, Jasa Marga menyiagakan sarana prasarana dan penempatan petugas untuk rekayasa lalu lintas pada titik-titik rawan kemacetan.

Baca Juga: Besok, volume lalu lintas keluar Jakarta diprediksi naik 21,77%

Kemudian, berkoordinasi dengan Kepolisian dan Dinas Perhubungan untuk melakukan rekayasa lalu lintas dan penyekatan kendaraan barang.

Kemudian memastikan CCTV, Variable Message Sign (VMS), VMS Mobile, Remote Traffic Microwave Sensor (RTMS) dan Radio komunikasi untuk memantau kondisi lalu lintas dan percepatan informasi. (Suhaiela Bahfein)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Libur Panjang, Volume Lalin Jalan Tol Bakal Melonjak 21,77 %",

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×