kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.343.000 -0,81%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Jawa Power buka tender angkut batubara


Rabu, 10 Desember 2014 / 10:35 WIB
Jawa Power buka tender angkut batubara
ILUSTRASI. 4 Tips Menggunakan Parfum untuk Kulit Sensitif.


Reporter: Agustinus Beo Da Costa | Editor: Yudho Winarto

JAKARTA. Perusahaan pembangkit listrik, PT Jawa Power membuka tender pengangkutan batubara dengan kapal untuk menyuplai pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) Paiton Unit 5 dan 6 di Probolinggo, Jawa Timur. Pemenang tender akan mendapatkan kontrak lima tahun.

Direktur Utama PT Jawa Power Wichard von Harrach menyatakan, PLTU Paiton mendapatkan pasokan  batubara dari pelabuhan batubara Adang Bay dan Muara Pantai di Kalimantan Timur.

Kapal yang diundang ikut tender kali ini harus mampu mengangkut batubara dengan kapasitas antara 1,8 juta ton- 2,2 juta ton per tahun. Dari Adang Bay dan sekitar 0,9 juta ton, dan Muara Pantai 1,1 juta ton.

Selain itu, pemilik kapal juga bisa meningkatkan total kuantitas batubara yang diangkut per tahun hingga maksimal kapasitas 3,5 juta ton. "Opsi ini dinyatakan tiga bulan terakhir, sebelum dimulainya periode 12 bulan," jelas dia dalam rilis resmi di situs perusahaan, Senin (8/12).

Asal tahu saja, PT Jawa Power memiliki PLTU Paiton dengan kapasitas 1.220 Megawatt (MW) di Probolinggo, Jawa Timur sebagai pemasok  setrum ke jaringan Jawa-Bali. Perlu diketahui juga, 50% saham PT Jawa Power dimiliki oleh Siemens of Germany, lalu YLT Power International and Marubeni Corporation (35%), kemudian, PT Bumipertiwi Tatapradipta of Indonesia (15%).

Persyaratan lain, perusahaan kapal yang mengikuti tender ini harus memiliki kapal jenis Geared Bulk Carriers berbendera Indonesia. Mereka minimal memiliki empat crane elektrik ataupun hidraulis. Kapal ini cocok untuk mengangkut batubara, pasir dan komoditas lainnya.

Selain itu, Jawa Power juga mensyaratkan, pemilik kapal juga harus sudah memiliki pengalaman mengoperasikan dry bulk vessels dan rekam jejak yang terbukti dalam industri pengangkutan batubara. "Selain itu, umur kapal ini juga tidak boleh lebih dari 20 tahun pada 31 Desember 2014," tegas Wichard.

Wichard mengatakan, pemenang tender akan menandatangani kontrak selama lima tahun yang akan dimulai pada 5 November 2015 sampai dengan 4 November 2020. Ada  opsi perpanjangan lima tahun sesuai dengan mengikuti ketentuan Jawa Power.

Direktur Operasi PT Indo Straits Tbk Sutina mengatakan perusahaannya sangat berminat untuk mengikuti tender pengangkutan batubara PT Jawa Power ini. Apalagi pihaknya memiliki jenis kapal yang sesuai dengan kriteria tender. "Kami punya kapal pengangkut batubara dengan kapasitas 300 kaki dan antara 1.600 sampai 2.000 horse power untuk tug and barge. Indo Straits juga punya floating crane dengan bucket 40 cbm," klaim Sutina.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×