kontan.co.id
| : WIB | INDIKATOR |

JD.ID buka toko perdana tanpa pramuniaga


Kamis, 02 Agustus 2018 / 22:33 WIB

JD.ID buka toko perdana tanpa pramuniaga
ILUSTRASI. Gerai JD.ID X

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Setelah membuka 20 toko ritel tanpa pramuniaga di Tiongok, JD.ID mulai ekspansi dengan membuka toko sejenis di Indonesia.

Toko pertama beroperasi di Pantai Indah Kapuk (PIK) Avenue, Jakarta Utara dengan luas areal 270 m². Beragam produk kebutuhan konsumen tersaji di toko tersebut.


Konsep belanja tanpa pramuniaga dan sistem pembayaran non tunai ini JD.ID harap dapat respon positif dari pasar. "Ini adalah pengalaman belanja baru dan kami terus melihat peluang untuk membuka spot sejenis di Indonesia," kata Zhang Li, Presiden Direktur JD.ID usah peresmian gerai JD.ID X, Kamis (2/8).

Sayang, Zhang tidak merinci jumlah tambahan gerai JD.ID X tersebut di Indonesia. Tapi ia memastikan bila gerai perdana tersebut adalah yang pertama di Asia Tenggara.

Sistem belanja tersebut berbasis artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan. Untuk tahu identitas konsumen, sistem tersebut memungkinkan mengenali konsumen lewat teknologi  pemindai wajah,, selain itu ada radio frequency identification (RFID) untuk mengetahui produk yang dibeli konsumen, plus metode pembayaran non tunai, baik itu lewat kartu kredit atau debet.
 


Reporter: Puspita Saraswati
Editor: Markus Sumartomjon

Video Pilihan

Tag
Terpopuler

Close [X]
×