Reporter: Hendra Gunawan | Editor: Hendra Gunawan
JAKARTA. Jelang libur Lebaran dan libur sekolah, pemesanan tiket dan akomodasi secara online semakin diminati masyarakat. Salah satu perusahaan travel online yang turut mengalami peningkatan adalah Tiket.com.
Misalnya saja pemesanan tiket online kereta api di Tiket.com yang naik sangat pesat. Penjualan tiket kereta api di situs ini mengalami peningkatan sekitar 2,5 kali lipat untuk keberangkatan H-10 Lebaran dari penjualan normal. Sedangkan penjualan tiket kereta api untuk keberangkatan tepat hari Lebaran pertama, mengalami peningkatan 4 kali lipat.
"Ini menunjukkan bahwa masyarakat mulai beralih ke transaksi online,” kata Gaery Undarsa, Managing Director Tiket.com dalam keterangan tertulisnya, Rabu (18/6). Alhasil, peningkatan tersebut membuat kontribusi penjualan tiket kereta api di Tiket.com meningkat menjadi 50% dari total transaksi.
Selain pemesanan tiket kereta api, sejumlah tiket penerbangan secara onine juga mulai disasar masayarakt. Peningkatan pemesanan mulai terlihat pada tujuan pemudik asal daerah. “Beberapa daerah tujuan mudik favorit tetap menjadikan transportasi pesawat sebagai pilihan,” kata Dimas Surya, Direktur Komersil Tiket.com.
Kementerian Perhubungan memperkirakan jumlah pemudik pada musim angkutan Lebaran 2014 ini mencapai 27.894.914 orang. Berdasarkan hasil survei tersebut lonjakan pemudik meningkat rata-rata 6,99% dari 2013 sebanyak 25.599.014 pemudik.
Tujuan favorit pemudik adalah wilayah Jawa Tengah dengan jumlah 7.991.911 pemudik, dan sebanyak 5.508.080 pemudik berasal dari Jabodetabek.
Peningkatan jumlah pemudik tersebut berdampak pada peningkatan penggunaan angkutan mudik. Menurut Pusat Komunikasi Publik Kementerian Perhubungan, jumlah penumpang angkutan naik 3,83% dibandingkan tahun 2013, dari 18.587.668 penumpang menjadi 19.299.144 penumpang.
Pengamat e-Commerce, Purjono Agus Suhendro, mengatakan peningkatan penggunaan e-tiketing naik tak lain dikarenakan penetrasi internet semakin tinggi. Apalagi, akses internet juga semakin mudah dilakukan melalui ponsel pintar.
"Kalau dulu, menjelang Lebaran, beli tiket masih konvensional. Tapi sekarang penjualan konvensional justru turun, pencarian tiket beralih ke sistem online," ujarnya.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News