Reporter: Selvi Mayasari | Editor: Noverius Laoli
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Pelayaran Nasional Indonesia (PT Pelni) siap menyambut momen peak season Natal dan Tahun Baru 2021 (Nataru) dengan kembali membuka chanel penjualan tiket kapal PELNI melalui mobile application dan website pada 25 November 2020.
“Kami siap membuka kembali penjualan tiket kapal Pelni untuk menyambut peak season akhir tahun ini dengan mulai membuka penjualan tiket bagi calon penumpang melalui website dan mobile application, setelah sebelumnya kami hanya melakukan penjualan tiket di loket-loket kantor cabang kami,” ungkap O.M. Sodikin, Direktur Usaha Angkutan Penumpang PT Pelni dalam siaran resmi yang diterima kontan.co.id, Selasa (17/11).
Sodikin menerangkan, layanan penjualan tiket berbasis online pada masa pandemi ini juga tetap memperhatikan persyaratan yang harus dibawa dan ditunjukkan kepada petugas saat check in di pelabuhan.
Menurutnya, penjualan tiket melalui website dan mobile application ini tetap mewajibkan calon penumpang untuk dapat mematuhi sejumlah peraturan yang ditentukan sesuai protokol kesehatan di masa adaptasi kebiasaan baru ini.
Baca Juga: 5 Tahun program Tol Laut, Pelni distribusikan 22.497 TEUs muatan ke daerah terpencil
Para calon penumpang kapal Pelni wajib membawa dan menunjukkan kepada petugas Surat Keterangan Bebas Covid-19 dari hasil PCR atau Rapid Test terbaru dengan hasil Negatif / Non-Reaktif yang dikeluarkan oleh Rumah Sakit atau fasilitas kesehatan resmi serta membawa kelengkapan administrasi lainnya saat check in, wajib bermasker, dan dihimbau agar datang di pelabuhan 3 jam sebelum keberangkatan untuk validasi data diri dengan petugas kami yang bekerjasama dengan KKP (Kantor Kesehatan Pelabuhan) setempat,” tegas Sodikin.
Sejalan dengan pemberlakuan kembali penjualan tiket di website dan mobile application, Pelni pun siap mengoperasikan 26 kapal penumpang dan mengoperasikan 45 trayek kapal perintisnya untuk menyambut momen Nataru kali ini.
Kepala Kesekretariatan Perusahaan PT Pelni (Persero) Yahya Kuncoro menyampaikan bahwa jelang momen Nataru, Pelni telah menyiapkan 210.990 pax untuk para penumpang. “Kami telah menyiapkan sebanyak 210.990 pax untuk calon penumpang kapal Pelni. Jumlah tersebut sudah kami sesuaikan dengan pemberlakuan protokol kesehatan di masa adaptasi kebiasaan baru ini,” kata Yahya.
Baca Juga: Daftar lengkap relawan dan tim sukses Jokowi di jajaran komisaris BUMN
Masyarakat dapat mengetahui perkembangan informasi mengenai rute dan jadwal kapal penumpang yang Perusahaan perbaharui melalui media sosial resmi di @Pelni162 dan website www.pelni.co.id atau masyarakat juga dapat menghubungi contact center Pelni di 021-162.
Pelni sebagai Perusahaan Badan Usaha Milik Negara yang bergerak pada bidang transportasi laut hingga saat ini telah mengoperasikan sebanyak 26 kapal penumpang dan menyinggahi 83 pelabuhan serta melayani 1.100 ruas.
Baca Juga: Kinerja kapal angkutan barang Pelni melonjak 230% di kuartal III
Selain angkutan penumpang, Pelni juga melayani 45 trayek kapal perintis yang menjadi sarana aksesibilitas bagi mobilitas penduduk di daerah 3TP di mana kapal perintis menyinggahi 275 pelabuhan dengan 3.739 ruas.
Pelni juga mengoperasikan sebanyak 20 kapal Rede. Sedangkan pada pelayanan bisnis logistik, kini Pelni mengoperasikan 4 kapal barang, 8 kapal tol laut serta 1 kapal khusus ternak.
Selanjutnya: Okupansi penumpang kapal Pelni di kuartal III-2020 melesat 452%
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News