kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45988,18   0,28   0.03%
  • EMAS1.164.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Jelang Pemilu 2024, Industri AMDK Optimis Bisa Tumbuh di Atas 5%


Senin, 04 Desember 2023 / 16:57 WIB
Jelang Pemilu 2024, Industri AMDK Optimis Bisa Tumbuh di Atas 5%
ILUSTRASI. Pabrik Danone-Aqua Ciherang Bogor memproduksi Aqua kemasan botol 330 ml, 600 ml dan kemasan galon 19 liter berada di atas lahan seluas 8,93 ha.


Reporter: Sabrina Rhamadanty | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Industri Air Minum dalam Kemasan (AMDK) tahun ini dinilai bisa bertumbuh hingga di atas 5% lebih tinggi jika dibandingkan dengan tahun lalu atau tahun 2022.

Rachmat Hidayat sebagai Ketua Umum Perkumpulan Perusahaan Air Minum Dalam Kemasan (ASPADIN) mengatakan salah satu penopangnya adalah karena di akhir tahun telah memasuki masa jelang Pemilihan Umum (Pemilu) atau Pemilihan Presiden (Pilpres) yang puncaknya dilaksanakan di Februari 2024. 

“Momen Pemilu ini berdasarkan pengalaman-pengalaman yang lalu memang ada dampak kepada permintaan AMDK ataupun barang konsumsi lainnya. Banyaknya masyarakat yg berkumpul dalam event-event kampanye menjadi peluang untuk mengisi kebutuhannya akan AMDK,” ujar Rachmat kepada Kontan, Senin (04/12). 

Tak hanya masa kampanye, saat ini momen yang menjadi salah satu booster pertumbuhan AMDK yaitu periode libur Natal dan Tahun Baru atau Nataru. 

Baca Juga: Chandra Asri Dukung PLTS Terapung Cirata Penuhi TKDN Bahan Baku Plastik

“Kita berharap ini (Nataru) juga akan menambah pertumbuhan permintaan produk AMDK, karena masyarakat juga akan banyak berkumpul dengan keluarga dan juga berlibur,” ungkapnya.

Untuk menangkap peluang ini, ASPADIN menyarankan kepada pelaku industri untuk senantiasa menambah pasokan ke pusat-pusat keramaian atau yang berpotensi keramaian.

Selain itu, pelaku industri anggota ASPADIN juga telah memacu produksi sampai kapasitas maksimal, memperluas distribusi dan juga membangun persediaan yang maksimal sesuai kapasitasnya. 

“Perkiraan kita, industri AMDK akan bisa tumbuh di atas 5% tahun ini,” katanya.  

Namun, ia mengatakan target ini bisa dicapai jika keadaan menjelang Pemilu berlangsung kondusif. 

“Harapan kita masa Pemilu ini tetap kondusif dan aman. Selain itu juga yang sangat penting bagi industri adalah kebijakan pemerintah yang tetap kondusif. Hal lain yg sangat berpengaruh negatif adalah timbulnya sentimen negatif akibat narasi boikot yg tidak terkendali dan misleading di masyarakat,” jelasnya.

Baca Juga: Kemenperin Dukung Percepatan Industri 4.0 dan Target Pengurangan Emisi GRK

ASPADIN juga berharap agar dalam libur Nataru ini pemerintah memberikan keleluasaan transportasi AMDK demi memenuhi kebutuhan masyarakat dan juga menjaga kelangsungan usaha industri.

“Bila hal-hal itu semua dapat dipenuhi, kami optimis target pertumbuhan industri AMDK dapat tercapai yang tentu berimbas positif juga bagi perekonomian nasional,” tutupnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×