kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45995,22   -1,54   -0.15%
  • EMAS977.000 -0,20%
  • RD.SAHAM -0.07%
  • RD.CAMPURAN 0.04%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.07%

Jokowi Instruksi Penggunaan Kendaraan Listrik, Ini Harga Mobil & Motor Listrik 2022


Jumat, 16 September 2022 / 09:52 WIB
Jokowi Instruksi Penggunaan Kendaraan Listrik, Ini Harga Mobil & Motor Listrik 2022
ILUSTRASI. Jokowi Instruksi Penggunaan Kendaraan Listrik, Ini Harga Mobil & Motor Listrik 2022


Sumber: Sekretariat Kabinet RI,Kompas.com | Editor: Adi Wikanto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Simak harga mobil dan motor listrik di Indonesia tahun 2022 ini. Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengeluarkan instruksi untuk mempercepat penggunaan dan peralihan mobil dan motor listrik di Indonesia.

Dalam keterangan resmi, Presiden Jokowi mengambil langkah kebijakan strategis menerbitkan Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 7 tahun 2022 tentang penggunaan kendaraan bermotor listrik berbasis baterai kendaraan dinas operasional dan kendaraan perorangan dinas instansi pemerintah pusat dan pemerintahan daerah. Instruksi itu dikeluarkan dan mulai berlaku pada tanggal 13 September 2022.

Instruksi tersebut ditujukan kepada Para Menteri Kabinet Indonesia Maju, Sekretaris Kabinet, Kepala Staf Kepresidenan, Jaksa Agung, Panglima TNI, Kapolri, para Kepala Lembaga Pemerintah Non-Kementerian, Para Pimpinan Kesekretariatan Lembaga Negara, dan Para Gubernur, Bupati/Wali Kota.

“Penggunaan kendaraan bermotor listrik berbasis baterai (battery electric vehicle) sebagai kendaraan dinas operasional dan/atau kendaraan perorangan dinas instansi pemerintah pusat dan pemerintahan daerah dapat dilakukan melalui skema pembelian, sewa, dan/atau konversi kendaraan bermotor bakar menjadi kendaraan bermotor listrik berbasis baterai (battery electric vehicle) sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan,” bunyi bagian ketiga Inpres itu dilihat Rabu (14/9/2022).

Pada bagian keempat tertulis, pengadaan kendaraan bermotor listrik berbasis baterai sebagai kendaraan dinas operasional dan/atau kendaraan perorangan dinas instansi pemerintah pusat dan pemerintahan daerah sebagaimana dimaksud pada Diktum Ketiga mengacu pada ketentuan peraturan perundang-undangan mengenai pengadaan barang/jasa pemerintah.

“Pendanaan untuk percepatan pelaksanaan program penggunaan kendaraan bermotor listrik berbasis baterai (battery electric vehicle) sebagai kendaraan dinas operasional dan/atau kendaraan perorangan dinas instansi pemerintah pusat dan pemerintahan daerah bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara, Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah, dan/atau sumber lain yang sah sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan,” bunyi bagian kelima Inpres itu.

Baca Juga: Pemerintah Dorong Percepatan Penggunaan Kendaraan Listrik, Ini Kata Gaikindo

Jokowi menegaskan, penggunaan kendaraan listrikuntuk mengurangi ketergantungan terhadap bahan bakar minyak (BBM). Penggunaan kekendaraan listrik juga untuk meminimalisir polusi suara dan ramah lingkungan karena menghasilkan emisi lebih kecil dibandingkan mobil konvensional berbahan bakar fosil.

Menurut data dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), emisi CO2 dari BEV atau mobil listrik murni hanya 0-5 gram/km. Sementara emisi CO2 dari mobil konvensional mencapai 125 gram/km.

Kendaraan mobil listrik juga menyumbang 11-13 persen polutan PM 2,5 lebih sedikit dibanding mobil konvensional. Mobil listrik juga berkontribusi terhadap pengurangan emisi gas rumah kaca. Selain minim polusi udara, penggunaan mobil listrik juga minim polusi suara. Tingkat kebisingan mobil listrik hanya 21 desibel, dimana berbanding jauh dengan tingkat kebisingan di Jakarta yang angkanya mencapai 76 desibel.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Indonesia (Menko Marves), Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, pemerintah akan melakukan sosialisasi percepatan penggunaan kendaraan listrik di Indonesia. Kata dia, penggunaan kendaraan listrik akan dimasifkan.

Hal ini menurut Luhut, sebagai alternatif adanya dampak kenaikan harga BBM di dalam negeri. “Program ke depan salah satunya sepeda motor dan justru saya kira menguntungkan kita, sepeda motor akan kita listrik, kita akan dorong lebih cepat,” ujar Luhut.

Luhut sempat menyinggung soal rencana pengadaan 131 juta sepeda motor listrik, akan dilakukan secara bertahap selama 10 tahun, begitu dengan mobil dan bus. Hal itu dapat mengurangi dampak dari kenaikan harga BBM. Termasuk juga memberihkan kualitas udara di DKI Jakarta.

Harga Mobil listrik

 

Saat ini, sudah ada berbagai pilihan mobil listrik dengan kisaran harga yang bervariasi. Mulai dari Rp 200 jutaan, berikut ini daftar harga mobil listrik dari yang termurah hingga termahal dilansir dari Kompas.com:

 

  • Harga mobil listrik Wuling Air ev Standard Range, Rp 238 juta
  • Harga mobil listrik Wuling Air ev Long Range, Rp 295 juta
  • Harga mobil listrik Nissan Leaf Electric 2021, Rp 649 juta
  • Harga mobil listrik Hyundai Ioniq Electric, Rp 682 jutaan-Rp 723 jutaan
  • Harga mobil listrik Nissan Leaf One Tone EV 2022, Rp 728 juta
  • Harga mobil listrik Nissan Leaf Two Tone EV 2022, Rp 730 juta
  • Harga mobil listrik Hyundai Kona Electric, Rp 742 juta
  • Harga mobil listrik MINI Electric, Rp 945 jutaan-Rp 955 jutaan
  • Harga mobil listrik Lexus UX300e, Rp 1,245 miliar
  • Harga mobil listrik Tesla Model 3, Rp 1,5 miliar
  • Harga mobil listrik Tesla Model Y, Rp 2 miliar

Harga motor listrik

Dikutip dari pemberitaan Kompas.com, berikut daftar harga motor listrik di Indonesia dari berbagai merek

1. Harga motor listrik Gesits

Dilansir dari laman resmi Gesits, motor listrik Gesits memiliki tenaga listrik dengan daya motor 5KW dengan jenis baterai Lithium-ion 72 Volt/20 Ah. Dalam sektor pengisian daya, motor listrik Gesits membutuhkan waktu 3-4 jam.

Motor listrik ini bisa digunakan untuk berkendara sejauh sekitar 50 kilomter untuk baterai tunggal dan 100 kilometer untuk baterai ganda. Harga motor listrik Gesits dibanderol di angka Rp 28 jutaan.

2. Harga motor listrik Volta

PT Volta Indonesia Semesta juga meluncurkan motor listrik Volta 401 dengan menerapkan Battery Replacement System alias Sistem Ganti Baterai (SGB). Motor listrik ini mengandalkan baterai 60V20Ah Lithium-ion dengan motor bertenaga 1,5 KW. Adapun pengisian dayanya membutuhkan waktu 6-8 jam.

Dilansir dari laman resminya, harga motor listri Volta 401 berkisar mulai dari Rp 15,7 juta.

3. Harga motor listrik ECGO 2

Dikutip dari Kompas.com (2020), Motor listrik ECGO-2 pertama kali meluncur di GIIAS 2019. Harga motor listrik ECGO 2 ini dibanderol dengan harga sekitar Rp 11 juta. Motor listrik ECGO mampu melaju maksimal 60 km/jam dengan jarak tempuh 70 km. Menariknya, motor listrik ini menawarkan konsep sewa baterai kepada para pembelinya dengan harga Rp 95 ribu per 30 hari.

4. Harga motor listrik Viar Q1

Merek motor listrik di Indonesia berikutnya adalah Viar Q1. Motor ini kerap menjadi armada layanan transportasi online Grab dalam setahun terakhir.

Motor listrik Viar Q1 menggunakan baterai Lithium-Ion 60v 23 Ampere dengan tenaga penggerak 800 Watt. Waktu pengecasannya membutuhkan 4-5 jam. Motor listrik dengan jarak 60 kilometer dengan kecepatan maksimal 60 km/jam ini bisa dibeli dengan harga mulai dari Rp 18 jutaan.

5. Selis

Merek Selis tipe E-Max dapat menjadi pilian sepeda motor listrik Anda. Motor listrik ini dilengkapi dengan Baterai SLA 60 Volts 25 AH dengan tenaga penggerak 1200 Watt. Motor listrik ini memiliki kecepatan 50 km/jam.

Jika terisi penuh motor listrik Selis tipa E-Max dapat menempuh jarah 120 km. Dilansir dari laman resminya, harga motor listrik Selis ini adalah Rp 28 juta untuk baterai ganda. Ada juga pilihan harga motor listrik Selis Rp 22 juta untuk baterai tunggal.

6. United T1800

Motor listrik United T1800 CM dibekali dua unit baterai dengan klaim jarak tempuh maksimal 130 km. Motor listrik ini dilengkapi dengan 3 kecepatan yang bisa disesuaikan, yaitu 50 km/jam, 60 km/jam, 65 km/jam, dan 70 km/jam.

Dikutip dari Kompas.com (2021), motor listrik United T1800 Standar dijual dengan harga Rp 27,5 juta dengan satu baterai. Sedangkan motor listrik United T1800 CM dijual dengan harga sebesar Rp 33,5 juta. Lalu harga motor listrik United T1800 TM sebesar Rp 34,25 juta dengan dua baterai.

7. Alva One

Motor listrik Alva One memiliki daya maksimum sekitar 4,8 kW atau setara 5,7 PS (5,5 Tk) dan torsi maksimum 46 Nm. Motor listrik ini dibekali dengan baterai lithium berkapasitas baterai 60 V 45 A (2,7 kWh). Lama pengisian motor listrik ini sekitar 4 jam, dengan minimum daya listrik di rumah 1.300 kWh. Dikutip dari Kompas.com (30/8/2022), motor listrik Alva One dijual dengan harga Rp 34,9 juta on the road (OTR) Jakarta.

Itulah daftar harga mobil dan motor listrik di Indonesia tahun 2022. Siap beralih ke kendaraan listrik?

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×