kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,52%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Jokowi Resmikan Tol Indralaya-Prabumulih, Kini Jarak Tempuh Jadi 3,5 Jam


Kamis, 26 Oktober 2023 / 12:02 WIB
Jokowi Resmikan Tol Indralaya-Prabumulih, Kini Jarak Tempuh Jadi 3,5 Jam
Presiden Joko Widodo didampingi Pj Gubernur Sumatera Selatan Agus Fatoni (kedua kiri) saat akan meresmikan Jalan Tol Trans Sumatera ruas simpang Indralaya-Muara Enim seksi simpang Indralaya-Prabumulih di Ogan Ilir, Sumatera Selatan (26/10/2023).


Sumber: Kompas.com | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Presiden Joko Widodo meresmikan jalan tol Indralaya-Prabumulih dan jalan layang (flyover) Patih Galung Kota Prabumulih di Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) pada Kamis (26/10/2023). Jalan tol tersebut sudah dibangun sejak 2019 lalu dengan biaya sebesar Rp 12,5 triliun.

"Dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim, pada pagi hari ini, saya resmikan jalan tol Indralaya- Prabumulih dan flyover Patih Galung Kota Prabumulih Provinsi Sumatera Selatan," ujar Jokowi dilansir tayangan YouTube Sekretariat Presiden, Kamis.

Baca Juga: Hutama Karya: Mulai Malam Ini, Tol Indralaya-Prabumulih Ditutup Sementara

Presiden menjelaskan, tol tersebut memiliki panjang 64,5 kilometer dan bisa segera beroperasi setelah diresmikan. Pembangunan yang memakan waktu cukup lama itu menurut Kepala Negara disebabkan kondisi geografis lokasi jalan tol yang sulit.

Sementara itu, terkait besaran biaya pembangunan Presiden Jokowi mengakui memang besar. Akan tetapi, dia yakin nantinya akan memberi lebih banyak manfaat untuk masyarakat.

"Biaya investasi untuk pembangunan sepanjang 64,5 km ini adalan Rp 12,5 triliun rupiah. Investasi memang besar. Tetapi manfaat bagi negara kita, manfaat bagi rakyat itu akan sangat luar biasa," tutur Jokowi.

"Kalau kita bisa menaikkan produktivitas. Artinya apa ? Jalan tol ini harus disambungkan dengan kawasan pertanian, sambungkan dengan wisata, sambungkan dengan kawasan perkebunan, sambungkan dengan kawasan industri, ini manfaatnya akan sangat besar sekali," jelasnya.

Baca Juga: Tol Indralaya-Prabumulih Resmi Beroperasi, Tarifnya Masih Gratis

Lebih lanjut Presiden memaparkan, ke depannya akan dibangun jalan tol dengan total 2.800 kilometer di Sumatera.

Dari total panjang tersebut, 1.800 kilometer di antaranya merupakan jalan koridor utama. Kepala Negara berharap pembangunan jalan tol di Sumatera ini mampu mendukung kecepatan dan mobilitas barang dan jasa. Sehingga daya saing produk lokal akan semakin baik.

"Saya berikan contoh, tadi malam saya bertemu dengan para tokoh masyarakat, tokoh agama beliau-beliau menyampaikan, "Pak dulu dari Palembang ke Lampung itu memakan waktu 10 sampai 12 jam"," kata Jokowi menirukan perkataan para tokoh.

"Sekarang 3,5 jam sudah bisa," Terjadi sebuah kecepatan yang luar biasa kalau seperti itu," tambahnya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Jokowi Resmikan Tol Indralaya-Prabumulih Sepanjang 64,5 Kilometer "

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×