Reporter: Francisca Bertha Vistika | Editor: Yudho Winarto
JAKARTA. Meleset dengan prediksi Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO) bahwa tahun 2014 lalu, penjualan mobil bisa berada di angka 1,25 juta unit. Namun, realisasinya hanya 1.208.019 unit atau turun 1,77% dibandingkan 2013 lalu yang tercatat 1.229.904 unit.
Sebagai pemain utama di pasar roda empat, PT Toyota Astra Motor mengalami penurunan penjualan 8,08% . Di 2013 lalu pihakya mencatatkan penjualan 434.232 unit, sedangkan di 2014 hanya 399.119 unit.
"Permintaan pasar memang turun. Penurunan wholesale kami ini pun membuat total pasar di 2014 ikut turun," kata Rahmat Samulo, Direktur Pemasaran Toyota Astra Motor pada KONTAN, Selasa (20/1).
Meskipun penjualan pabrikan ke diler mengalami penurunan cukup besar, Samulo mengatakan stok Toyota relatif sama dengan stok di 2013 yaitu kurang dari penjualan 1 bulan. "Stok mobilnya kurang dari 25.000an, sama dengan 2013 lalu," jelas Samulo.
Nah, di 2015 ini Samulo memprediksikan penjualan Toyota masih akan sama dengan 2014.Mengingat, Gaikindo sendiri memperkirakan pasar tahun ini akan stagnan.
Penjualan PT Nissan Motor Indonesia (NMI) justru mengalami penurunan hingga 44%. Pada 2013 lalu pihaknya bisa mencatatkan penjualan 61.119 unit, tetapi di 2014 hanya 33.789 unit.
"Tahun 2014 secara umum, memang tahun yang berat untuk Nissan akrena adanya situasi ekonomi dan politik yang tidak kondusif. Perang diskon di pasar untuk menormalisasi stok juga menjadi masalah tersendiri buat Nissan," kataBudi Nur Mukmin, General Marketing Strategy and Communication Division PT NMI pada KONTAN, Senin (20/1).
Dari sekian banyak merek yang tergabung dari Gaikindo, Astra Daihatsu Motor adalah merek yang bisa mempertahankan penjualannya di angka 185.000 unit.
Tahun lalu, penjualan Daihatsu tercatat 185.226 unit dengan pangsa pasar 15,3%. Pangsa pasar Daihatsu di 2014 naik 2% jika dibandingkan dengan 2013 yang tercatat 15,1%.Amelia Tjandra, Direktur Marketing PT ADM mengatakan bahwa hasil penjualan ini sesuai target yang dicanangkan pada awal 2014.
Nah, dengan kehadiran produk barunya, PT Honda Prospect Motor (HPM) adalah satu-satunya merek yang bisa mencatatkan pertumbuhan. Tidak tanggung-tanggung pertumbuhan penjualannya mencapai 73,94%.
Di 2013 lalu pihaknya hanya mencatatkan penjualan 91.493 unit, sedangkan di 2014 bisa mencapai 159,147. Bahkan Honda bisa menjadi ATPM nomor 3 di 2014 setelah di 2013 lalu hanya menduduki posisi kelima.
Dalam siaran pers yang diterima KONTAN, Senin malam (19/1), Jonfis Fandy, Marketing & Aftersales Service Director PT Honda Prospect Motor mengatakan, “Ekspansi pasar Honda khususnya di kelas LMPV dengan memperkenalkan Honda Mobilio sukses mengangkat penjualan Honda di tengah kondisi pasar yang cenderung stagnan di tahun 2014 lalu," katanya.
Selain itu, penyegaran terhadap produk-produk yang dilakukan tahun lalu juga ikut menjaga pasar tetap segar. Dengan produk baru di tahun 2015, seperti Honda CR-V yang baru diluncurkan serta Honda HR-V yang akan segera dikirimkan ke konsumen di akhir Januari ini, Jonfis percaya dapat meneruskan tren penjualan yang positif bagi Honda.
Data Penjualan Mobil tahun 2013 dan 2014:
2013 | 2014 | ||
Merek | Penjualan | Merek | Penjualan |
TOYOTA | 434.232 | TOYOTA | 399.119 |
DAIHATSU | 185.942 | DAIHATSU | 185.226 |
SUZUKI | 164.006 | HONDA | 159.147 |
MISTUBISHI | 157.353 | SUZUKI | 154.923 |
HONDA | 91.493 | MISTUBISHI | 141.962 |
NISSAN | 61.119 | NISSAN | 33.789 |
ISUZU | 31.527 | HINO | 28.493 |
HINO | 34.207 | ISUZU | 28.278 |
CHEVROLET | 15.649 | DATSUN | 20,520 |
FORD | 9.907 | FORD | 12.008 |
Sumber: Gaikindo
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News