kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45925,51   -5,84   -0.63%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Jurus Panasonic Gobel kerek pangsa pasar pendingin ruangan


Kamis, 23 Januari 2020 / 20:28 WIB
Jurus Panasonic Gobel kerek pangsa pasar pendingin ruangan
ILUSTRASI. ika.puspitasari-Peluncuran produk AC anyar bernama si-Biru, Selasa (9/10).Panasonic Luncurkan AC si-Biru


Reporter: Arfyana Citra Rahayu | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Panasonic Gobel Indonesia bakal mengerek pangsa pasar pendingin ruangan atau Air Conditioner (AC) dengan menambah lima line up baru. Adapun rencana ini akan dijalankan pada awal tahun fiskal Panasonic yakni di April 2020.

Asistant General Manager Panasonic Gobel Indonesia, Heribertus Ronny Ardiyanto menjelaskan tahun lalu PT Panasonic Manufacturing Indonesia melakukan relokasi pabrik AC dari Malaysia ke Indonesia.

"Pabrik yang baru tersebut utilisasinya sudah 80% dan kemungkinan akan terus ditingkatkan kapasitas produksinya," jelasnya kepada Kontan.co.id di Jakarta, Kamis (23/1).

Baca Juga: Panasonic Young Film Maker 2019 targetkan 600 video ikut kompetisi

Lebih jelasnya Ronny bilang pabrik dipindahkan untuk memperkuat pasar Indonesia karena rencananya site tersebut akan memproduksi line up baru di segmen pendingin ruangan.

Ronny masih merahasiakan modelnya seperti apa, tapi yang pasti bakalan ada 5 varian baru untuk segmen residensial sehingga total jenis pendingin ruangan untuk kebutuhan perumahan saat ini  sebanyak 40-50 jenis.

Nah, penambahan varian pendingin ruangan diharapkan mampu menumbuhkan pangsa pasar Panasonic. Ronny bilang saat ini market share produk AC Panasonic sekitar 18% hingga 20%.

Adapun sampai dengan tahun fiskal 2021, tepatnya Maret 2021 pangsa pasar AC diharapkan bisa tumbuh menjadi 22%.

Baca Juga: Penjualan flat, Panasonic Gobel pasang target penjualan konservatif

Katanya untuk tumbuh dan beranjak dari 20% sudah cukup berat mengingat Panasonic sudah masuk urutan 3 terbesar pangsa pasar se-Indonesia. 

Ronny tidak menampik, dalam jangka waktu menengah (mid-term) Panasonic akan menanamkan investasi demi mengembangkan pabrik tersebut.

Meski tidak diberitahukan rincian nilai investasinya, Ronny bilang langkah ini menjadi komitmen Panasonic Gobel Indonesia untuk menciptakan lapangan kerja dan menyerap tenaga kerja lebih banyak.

Ronny mengatakan adanya pabrik tersebut bisa mengembangkan industri elektronik dalam negeri, bukan hanya jual trading seperti importir.

Target pertumbuhan pangsa pasar juga melihat kondisi industri elektronik dalam negeri yang sedang melandai. Ronny menjelaskan kondisi ekonomi global menjadi tantangan terberat.

Baca Juga: Produsen elektronik siap ekspansi ke bisnis AC

Pasalnya impor elektronik khususnya pendingin ruangan dari China semakin masif. Hal ini membuat produk elektronik China yang lebih murah membanjiri Indonesia.

Meski begitu, Ronny bilang Panasonic punya kelebihan tersendiri untuk memasuki pasar domestik. Caranya menawarkan produk yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

Ambil contoh, Panasonic punya produk AC yang bisa tetap digunakan meski daya listrik rendah atau tegangannya hanya 165 volt.

Selain itu, Panasonic juga memanfaatkan penjualan musiman yang tumbuh saat kemarau. Adapun cara lainnya juga dengan mengikuti pertumbuhan infrastruktur seperti pabrik dan hunian yang masif dikembangkan lima tahun ke depan di Indonesia. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×