kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.343.000 -0,81%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kabar Baik, Bandara Soetta Masuk Daftar Bandara Paling Ramah Keluarga di Dunia


Rabu, 08 November 2023 / 04:54 WIB
Kabar Baik, Bandara Soetta Masuk Daftar Bandara Paling Ramah Keluarga di Dunia
ILUSTRASI. Bandara Soetta dinilai sebagai salah satu bandara yang paling ramah keluarga di dunia. ANTARA FOTO/Fauzan


Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ada kabar baik dari bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta). Bandara yang terletak di Tangerang Banten ini, dinilai sebagai salah satu bandara yang paling ramah keluarga di dunia.

Melansir Infopublik.id, lembaga asal San Francisco, AS, yakni The Family Vacation Guide, menyatakan Bandara Soetta berada di peringkat ke delapan di dunia dengan skor 9.08 dalam daftar The World’s Most Family-Friendly Airports 2023.

Metode penilaian yang diterapkan The Family Vacation Guide adalah dengan membuat daftar 77 bandara internasional terbesar di dunia. Kemudian, menganalisis kualitas bandara bagi keluarga melalui beberapa kualifikasi.

Beberapa di antaranya yaitu ketepatan keberangkatan dan pembatalan penerbangan (data dari OAG.com), lalu ketersediaan WiFi unlimited, kemudian pilihan tempat makan dan beraktivitas bagi keluarga (dilihat juga dari Tripadvisor dan website bandara).

Berdasarkan metode itu, Bandara Soetta ditetapkan memiliki 92 tempat F&B bagi keluarga, menyediakan unlimited WiFi, dan keluarga dapat melakukan 45 aktivitas di bandara.

Menanggapi hal tersebut, Direktur Utama PT Angkasa Pura/AP II (persero) Muhammad Awaludddanin mengatakan, Bandara Soetta berupaya menyediakan fasilitas bagi setiap segmen pelaku perjalanan, termasuk keluarga.

Baca Juga: Tiga Bandara AP1 Raih Penghargaan Bandara Terbaik dari INACA

Ia menuturkan bahwa secara berkelanjutan, AP II terus meningkatkan standar pelayanan dan melengkapi fasilitas di Bandara Soetta sehingga dapat menyediakan berbagai kebutuhan dari beragam segmen penumpang pesawat, mulai dari single traveler, pebisnis, hingga keluarga.

"Pelayanan dan fasilitas dilengkapi dengan keramahtamahan khas Indonesia yang penerapannya kami akselerasi melalui program Transformasi Bandara Soetta mulai November 2022. Kami bersyukur Bandara Soetta masuk dalam daftar bandara paling ramah keluarga 2023. Ini menjadi pemacu untuk terus meningkatkan pelayanan," ucap Awaluddin dalam keterangannya pada Selasa (7/11/2023).

Sementara itu, Executive General Manager Bandara Soetta, Dwi Ananda mengatakan, beragam fasilitas bagi keluarga di Bandara Soetta disiapkan secara khusus dan gratis.

"Fasilitas-fasilitas terus kami tambah secara berkelanjutan di Terminal 1, Terminal 2 dan Terminal 3. Kami berharap dapat menambah kesenangan keluarga saat bepergian," ujar Dwi Ananda.

Sejumlah fasilitas bagi keluarga di Bandara Soetta di antaranya: 

1. Game Station yang menyediakan konsol game dilengkapi dengan virtual reality bagi keluarga; 

2. Kid Zone dengan mini playground yang terdapat di sejumlah titik di terminal penumpang.

Baca Juga: Kenaikan Harga Avtur dan Depresiasi Rupiah Bebani Maskapai Penerbangan

3. Tourism Activity Center di terminal penumpang yang dilengkapi virtual reality untuk keluarga menjelajah beragam destinasi wisata di Indonesia.

4. Reading Corner yang menyediakan berbagai jenis buku dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris.

5. Ada jalur khusus (fast track) di area Security Check Point bagi penumpang lanjut usia atau keluarga yang membawa anak kecil.

6. Bagi keluarga yang ingin menunaikan ibadah bersama-sama, di Bandara Soetta terdapat ratusan musholla dengan dimensi luas di terminal penumpang. Selain itu, juga terdapat enam masjid di kawasan bandara.

7. Fasilitas golf car gratis di Terminal 3 yang bisa digunakan satu keluarga secara bersama-sama untuk menuju boarding gate guna naik pesawat.

8. Terminal penumpang di Bandara Soetta juga menyiapkan nursery room yang dilengkapi sterilizer untuk menyimpan ASI, serta area untuk mengganti popok. Nursery room ini dibuka 24 jam setiap harinya. 

9. Bagi keluarga yang bepergian dengan anak kecil, di terminal penumpang tersedia baby stroller agar lebih mudah dalam melakukan perjalanan.

10. Toilet bagi keluarga dengan dimensi yang luas dan dilengkapi fasilitas seperti meja mengganti popok serta pegangan (handle) bagi lanjut usia. Toilet di Bandara Soetta juga mendapat apresiasi dari Asosiasi Toilet Indonesia (ATI).

11. Bandara Soetta dilengkapi juga dengan TravelinPass guna mempermudah keluarga memproses keberangkatan, cukup menunjukkan wajah di autogate saat menuju boarding lounge.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×