kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45906,64   6,79   0.75%
  • EMAS1.395.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.17%
  • RD.CAMPURAN 0.09%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.03%

Khusus Angkut Karyawan, Uji Coba Transjakarta Masuk ke Bandara Soetta Mulai Juli


Rabu, 28 Juni 2023 / 09:59 WIB
Khusus Angkut Karyawan, Uji Coba Transjakarta Masuk ke Bandara Soetta Mulai Juli
ILUSTRASI. Transjakarta akan beroperasi dengan rute ke Bandar Udara Soekarno-Hatta (Bandara Soetta). (KONTAN/Fransiskus Simbolon)


Reporter: Lailatul Anisah | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Transjakarta akan beroperasi dengan rute ke Bandar Udara Soekarno-Hatta (Bandara Soetta). Uji coba rute Bandara Soetta ini akan dilakukan mulai Juli. 

Kepala Subdirektorat Pendanaan dan Pengawasan Angkutan Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Ghoefron Koerniawan mengatakan, uji coba rute Transjakarta ini tidak untuk penumpang umum melainkan untuk karyawan Bandara Soetta saja. 

"Fokusnya masih untuk karyawan bandara saja," kata Ghoefron dalam media briefing di kantor Kemenhub, Selasa (27/6). 

Adapun rute yang akan diujicobakan yaitu Halte Transjakarta Kalideres menuju Bandara Soetta. Namun demikian pihaknya masih belum memastikan berapa kali melakukan rute perjalan dalam uji coba tersebut. 

Baca Juga: Layanan Transjakarta Soetta Targetkan Pekerja Bandara

Ia mengatakan uji coba ini kemungkinan akan dilakukan kurang lebih selama 3 bulan. Namun hal ini tergantung evaluasi dari setiap pelaksanaanya nanti. 

"Biasanya melihat demand ini enggak bisa seminggu, dua minggu, tiga minggu. Kalau angkutan ya. Biasanya sampai 3 bulan nanti liat perkembangannya," tuturnya. 

Sementara untuk tarif, hal ini juga belum dapat dipastikan apakah akan berbayar atau gratis. Menurutnya kebijakan tarif ini akan diputuskan bersama dengan pihak Transjakarta. 

"Kalau kosekuensinya gratis, harus dikembalikan Transjakarta, karena ada operator lain kan ke sana jadi enggak bisa sembarangan angkut orang," jelasnya. 

Melansir laman Infopublik.id, saat ini rencana layananTransjakarta di Bandara Soetta itu tengah dibahas oleh instansi terkait. Layanan bus Transjakarta di Bandara Soetta menargetkan para pekerja di seluruh instansi yang ada di bandara.

Pembahasan telah dilakukan beberapa kali. Terkini, pada Jumat 9 Juni 2023 lalu, dilakukan pertemuan antara Direktur Utama PT Angkasa Pura/AP II Muhammad Awaluddin, dan Direktur Utama PT Transportasi Jakarta Welfizon Yuza. 

Baca Juga: HUT DKI Jakarta, Bank DKI Gelar Promo Tiket Masuk Taman Margasatwa Ragunan

Awaluddin mengatakan, pembahasan bersama seluruh pihak berjalan dengan baik dan lancar.  

"Rencana layanan bus Transjakarta di Bandara Soetta telah melalui pembahasan beberapa kali, antara AP II selaku pengelola bandara dengan Dinas Perhubungan Pemprov DKI Jakarta, Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) dan PT Transportasi Jakarta," jelasnya, Sabtu (10/6). 

Adapun layanan bus Transjakarta dari dan ke Bandara Soetta nantinya menjadi satu kesatuan ke dalam jaringan operasional dan konektivitas Transjakarta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×