kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45987,90   -2,03   -0.21%
  • EMAS1.164.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

KAI Commuter & INKA Teken Kontrak Pengadaan Pekerjaan Retrofit 19 Trainset Sarana KRL


Selasa, 07 November 2023 / 11:51 WIB
KAI Commuter & INKA Teken Kontrak Pengadaan Pekerjaan Retrofit 19 Trainset Sarana KRL
ILUSTRASI. Rangkaian KRL Komuter melintas di samping proyek penambahan jalur ruas jalan tol Pondok Aren - Serpong di Tangerang Selatan.


Reporter: Diki Mardiansyah | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT KCI atau KAI Commuter dan PT INKA (Persero) menandatangani kontrak kerja sama pekerjaan retrofit sarana Kereta Rel Listrik (KRL) sebanyak 19 trainset (rangkaian).

Direktur Utama KAI Commuter Asdo Artriviyanto mengatakan, penandatanganan kontrak pekerjaan retrofit sarana KRL ini merupakan upaya lanjutan dalam replacement 19 rangkaian sarana KRL yang dimiliki KAI Commuter secara bertahap mulai tahun 2023–2026.

“Dalam peremajaan sarana KRL, KAI Commuter akan melakukan proses retrofit sebanyak 19 rangkaian secara bertahap selama lima tahun ke depan,” kata Asdo dalam siaran pers, Minggu (5/11).

Baca Juga: KAI Commuter Lakukan Pengadaan Sarana KRL, Mulai Pembelian Baru hingga Impor

Sebelumnya, KAI Commuter dan INKA juga telah melakukan penandatanganan Kontrak Pengadaan 16 trainset KRL Baru pada Maret 2023 lalu.

Pada proses retrofit sarana KRL ini KAI Commuter telah mengantongi perizinannya dari pihak regulator. Asesmen terkait spesifikasi teknologi retrofit juga sudah ditetapkan melalui kegiatan-kegiatan FGD bersama pihak-pihak terkait.

KAI Commuter juga akan siap mengirimkan rangkaian kereta yang akan dilakukan proses retrofit di PT INKA (Persero).

Asdo menjelaskan, tahun ini KAI Commuter akan melakukan proses retrofit sebanyak empat rangkaian yang terdiri dari tiga rangkaian seri Metro 05 dan satu rangkaian seri Metro 6000. Sementara itu, waktu proses retrofit akan membutuhkan waktu selama 13-15 bulan.

Baca Juga: Ramai Penumpang, Bagaimana dengan Monetisasi Stasiun LRT Jabodebek?

Dia menambahkan, KAI Commuter akan terus berkoordinasi dengan PT INKA untuk waktu penyelesaian pekerjaan dan pengiriman rangkaian KRL, serta secara rutin juga akan terus berkoordinasi terkait kualitas hasil proses retrofit tersebut, mengingat saat ini total pengguna Commuter Line Jabodetabek hampir 950 ribu orang per hari.

“Program retrofit sarana KRL ini mendukung program pemerintah untuk meningkatkan produksi dalam negeri serta substitusi impor melalui Program Peningkatan Pengguna Produk Dalam Negeri (P3DN),” kata Asdo.

Direktur Operasi PT INKA I Gede Agus Prayatna menambahkan, pengerjaan retrofit 19 KRL trainset ini akan diserahkan secara bertahap. Kontrak ini diharapkan ini dapat diselesaikan sesuai dengan perjanjian yang disepakati.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×