kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45994,16   -8,36   -0.83%
  • EMAS1.136.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

KAI dan PSA Indonesia Teken MoU Tingkatkan Distribusi Logistik


Minggu, 27 Agustus 2023 / 16:16 WIB
KAI dan PSA Indonesia Teken MoU Tingkatkan Distribusi Logistik
ILUSTRASI. KAI gandeng PSA Indonesia untuk meningkatkan distribusi logistik.


Reporter: Diki Mardiansyah | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI dan PSA Indonesia sepakat untuk menjalin kerja sama untuk meningkatkan distribusi logistik. Hal itu ditandai dengan Nota Kesepahaman (MoU) yang telah ditandatangani oleh kedua pihak.

Adapun kerja sama ini meliputi ekosistem kereta api dan logistik. KAI dan PSA akan berkolaborasi dalam studi kelayakan bersama untuk mengembangkan rencana kerja sama.

Direktur Utama KAI, Didiek Hartantyo mengatakan, MoU ini bertujuan untuk mendorong dan menyelaraskan upaya kedua mitra dalam meningkatkan konektivitas serta menciptakan jaringan transportasi multimoda yang efisien dan berkelanjutan di Indonesia.

Selain itu, kedua pihak ini juga akan mengeksplorasi potensi investasi bersama dalam infrastruktur perkeretaapian yang baru ataupun yang sudah ada di Indonesia.

Baca Juga: Naik 82%, KAI Layani 205 Ribu Penumpang WNA Sampai Juli 2023

Termasuk juga pengelolaan dan operasi bersama di bidang layanan logistik global, terminal kontainer berbasis kereta api, dan layanan angkutan barang terpadu Door-to-Door (D2D) multimoda.

Didiek menerangkan, lewat kerja sama ini, KAI dan PSA akan saling memperoleh manfaat dari pengalaman PSA dalam mengelola proyek perkeretaapian secara global, solusi digital inovatif yang akan meningkatkan efisiensi dan konektivitas di berbagai titik rantai pasok, serta jaringan rel yang luas di Indonesia.

"KAI terus mengembangkan transportasi kereta api barang sebagai wujud peningkatan efisiensi distribusi logistik nasional yang ramah lingkungan," kata Didiek dalam siaran pers, Sabtu (26/8).

Didiek berharap, melalui kerja sama ini dapat menghasilkan ekosistem logistik yang komprehensif, yang secara berkesinambungan menggabungkan jaringan domestik yang kami miliki dengan konektivitas global.

"Sehingga dapat berperan mendukung program pemerintah dalam mengurangi biaya logistik nasional," tutur Didiek.

Sementara itu, Regional CEO PSA International, Ong Kim Pong menuturkan, sebagai penyedia logistik global terintegrasi, PSA berkomitmen untuk bekerja sama dengan mitra yang memiliki tujuan yang sama yaitu melayani pelanggan dengan lebih baik di kawasan dan menonjolkan penciptaan jaringan logistik yang efisien dan berkelanjutan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×