kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.704.000   25.000   1,49%
  • USD/IDR 16.450   35,00   0,21%
  • IDX 6.380   -139,26   -2,14%
  • KOMPAS100 926   -23,75   -2,50%
  • LQ45 725   -12,49   -1,69%
  • ISSI 196   -6,34   -3,13%
  • IDX30 379   -3,71   -0,97%
  • IDXHIDIV20 456   -5,75   -1,25%
  • IDX80 105   -2,26   -2,11%
  • IDXV30 108   -2,36   -2,13%
  • IDXQ30 124   -0,95   -0,75%

KAI Jual Lebih dari 1,57 Juta Tiket pada Momen Mudik Lebaran 2025


Selasa, 04 Maret 2025 / 18:00 WIB
KAI Jual Lebih dari 1,57 Juta Tiket pada Momen Mudik Lebaran 2025
ILUSTRASI. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN. Kereta Api Indonesia mencatat tingginya antusiasme masyarakat gunakan kereta api untuk perjalanan mudik Lebaran 1446 H/2025.


Reporter: Leni Wandira | Editor: Tri Sulistiowati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Kereta Api Indonesia (Persero) mencatat tingginya antusiasme masyarakat dalam menggunakan layanan kereta api sebagai moda transportasi utama untuk perjalanan mudik Lebaran 1446 H/2025. 

Dalam periode Angkutan Lebaran yang berlangsung pada 21 Maret hingga 11 April 2025 (22 hari), KAI telah menyiapkan total kapasitas angkut sebanyak 3.443.832 tempat duduk untuk perjalanan Kereta Api Jarak Jauh (KA JJ) di Pulau Jawa dan Sumatera.

“Hingga 4 Maret 2025 pukul 07.00 WIB, KAI telah menjual sebanyak 1.571.065 tiket atau sekitar 45,62% dari total kapasitas yang tersedia. Sejauh ini, puncak pemesanan tiket terjadi pada H-3 Lebaran, yakni 28 Maret 2025, dengan angka penjualan mencapai 106.755 tiket,” ujar Vice President Public Relations KAI Anne Purba dalam keterangan resminya, Selasa (4/3).

Baca Juga: Ini Daftar Promo yang Ditawarkan Wondr by BNI Selama Ramadan, Ada Cashback Tiket KAI

Dengan periode penjualan tiket yang masih berlangsung, jumlah ini diproyeksikan terus meningkat. Berdasarkan data sementara, berikut adalah 10 perjalanan KA dengan volume penumpang tertinggi selama periode mudik Lebaran 2025:

1. KA Airlangga (KA 272) relasi Pasarsenen – Surabaya Pasar Turi: 31.381 Penumpang

2. KA Airlangga (KA 271) relasi Surabaya Pasar Turi – Pasarsenen: 30.716 Penumpang

3. KA Bengawan (KA 282) relasi Pasarsenen - Purwosari: 25.189 Penumpang

4. KA Bengawan (KA 281) relasi Purwosari – Pasarsenen: 24.555 Penumpang

5. KA Sri Tanjung (KA 278) relasi Lempuyangan – Ketapang: 24.277 Penumpang

6. KA Kahuripan (KA 274) relasi Kiaracondong – Blitar: 23.555 Penumpang

7. KA Sri Tanjung (KA 277) relasi Ketapang – Lempuyangan: 23.435 Penumpang

8. KA Kahuripan (KA 273) relasi Blitar – Kiaracondong: 22.516 Penumpang

9. KA Pasundan Lebaran (7022A) relasi Kiaracondong – Surabaya Gubeng: 19.659 Penumpang

10. KA Pasundan Lebaran (7021A) relasi Surabaya Gubeng – Kiaracondong: 18.582 Penumpang

Untuk memastikan pengalaman perjalanan yang lebih nyaman bagi pelanggan, KAI telah mengimplementasikan berbagai strategi peningkatan layanan selama periode Angkutan Lebaran 2025. 

Langkah-langkah ini mencakup optimalisasi jumlah petugas di stasiun dan dalam perjalanan, peningkatan layanan digital, serta pemeliharaan fasilitas di berbagai titik layanan.

Sebagai bagian dari komitmen meningkatkan customer experience, KAI telah menempatkan 170 petugas Customer Service Mobile (CSM) di 39 stasiun yang tersebar di berbagai Daerah Operasi (Daop) dan Divisi Regional (Divre). Tim ini siap memberikan informasi serta asistensi langsung kepada pelanggan.

Di sisi lain, KAI juga terus memperluas fasilitas water station di berbagai stasiun sebagai langkah konkret dalam mendukung program keberlanjutan dan pengurangan limbah plastik. 

Kini, layanan ini telah tersedia di empat stasiun tambahan, yaitu Kertapati, Lamongan, Wonokromo, dan Sidoarjo, sehingga total stasiun yang menyediakan fasilitas ini mencapai 28 stasiun.

“Kami mengimbau pelanggan untuk merencanakan perjalanan dengan matang dan memanfaatkan berbagai kanal pemesanan tiket yang tersedia," imbuhnya.

Adapun, tiket KA Jarak Jauh dapat dipesan hingga H-45, sementara KA Lokal dapat dipesan mulai H-30, dan beberapa layanan lainnya sejak H-7 sebelum keberangkatan. Pemesanan dapat dilakukan dengan mudah melalui aplikasi Access by KAI atau website resmi kai.id agar pelanggan mendapatkan pilihan perjalanan yang sesuai dengan kebutuhan mereka,” tutup Anne.

Baca Juga: Ramadan, KAI Logistik Hadirkan Logistik Efisien melalui Diskon Pengiriman Hingga 40%

Selanjutnya: Piutang Pembiayaan Multifinance Capai Rp 504,33 Triliun per Januari 2025

Menarik Dibaca: Allianz Life dan Maybank Perkenalkan Asuransi Jiwa MyProtection Future

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Procurement Economies of Scale (SCMPES) Brush and Beyond

[X]
×