kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 2.561.000   59.000   2,36%
  • USD/IDR 16.802   8,00   0,05%
  • IDX 8.585   -61,06   -0,71%
  • KOMPAS100 1.186   -11,81   -0,99%
  • LQ45 849   -10,77   -1,25%
  • ISSI 307   -1,83   -0,59%
  • IDX30 437   -3,43   -0,78%
  • IDXHIDIV20 510   -2,95   -0,57%
  • IDX80 133   -1,59   -1,18%
  • IDXV30 138   -0,57   -0,42%
  • IDXQ30 140   -0,82   -0,59%

KAI Laporkan Okupansi Penumpang Kereta Capai 86% pada Periode Nataru


Selasa, 23 Desember 2025 / 17:12 WIB
KAI Laporkan Okupansi Penumpang Kereta Capai 86% pada Periode Nataru
ILUSTRASI. KAI berangkatkan Kereta Inspeksi untuk kesiapan Natal dan Tahun Baru (ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal)


Reporter: Chelsea Anastasia | Editor: Avanty Nurdiana

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Kereta Api Indonesia (KAI) menyebut tingkat okupansi penumpang kereta api selama periode Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2025/2026 telah mencapai 86% hingga hari ini, Selasa (23/12/2025).

Direktur Utama PT KAI, Bobby Rasyidin mengatakan capaian okupansi tersebut berasal dari total lebih dari 3,5 juta kursi yang disediakan KAI untuk melayani masyarakat selama periode angkutan Nataru 2025/2026.

Bobby melanjutkan, puncak okupansi penumpang terjadi pada beberapa tanggal tertentu. “Yang (okupansi) penumpangnya paling tinggi itu adalah di tanggal 25 Desember 2025, tanggal 28 Desember 2025, dan tanggal 1 Januari 2026,” ujarnya dalam temu media di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Selasa (23/12/2025).

Baca Juga: Jasamarga Bali Tol Tambah GTO Benoa, Lancarkan Libur Nataru 2025

Walaupun tingkat keterisian tempat duduk telah tergolong tinggi, KAI masih menyediakan layanan bagi penumpang yang melakukan pembelian tiket secara langsung atau go show.

Bobby menyebutkan rata-rata pembelian penumpang go show berada di kisaran 5% hingga 6% per harinya. “Artinya, masih terdapat sisa kursi sekitar 8% sampai 9% rata-rata setiap harinya,” jelas dia.

Sebelumnya, Vice President Public Relations KAI Anne Purba mengatakan, untuk Nataru 2025/2026, KAI menurunkan 170 personel Customer Service Mobile (CSM) di sebanyak 39 stasiun yang membantu pelanggan mulai dari informasi perjalanan, pendampingan kelompok rentan, hingga pengaturan alur untuk mengurai kepadatan. 

Untuk menjaga kebersihan dan kenyamanan selama frekuensi perjalanan meningkat, KAI juga menambah personel kebersihan yang bertugas di stasiun, rangkaian kereta, hingga layanan On Trip Cleaning. Total 145 petugas cleaning service stasiun, 198 petugas OTC, dan 147 petugas cuci kereta disiapkan agar kebersihan fasilitas tetap terjaga sebelum, selama, dan setelah perjalanan.

Selanjutnya: Celios Usul MBG Dihentikan Saat Libur, Anggaran Dialihkan Rehabilitasi Banjir Sumatra

Menarik Dibaca: Ramalan Zodiak Keuangan dan Karier Besok Rabu 24 Desember 2025, Momentum Refleksi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mitigasi, Tips, dan Kertas Kerja SPT Tahunan PPh Coretax Orang Pribadi dan Badan Supply Chain Management on Practical Inventory Management (SCMPIM)

[X]
×