kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45866,25   0,74   0.09%
  • EMAS918.000 0,00%
  • RD.SAHAM -0.32%
  • RD.CAMPURAN -0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.08%

Kasus naik, sejumlah emiten rumah sakit tambah kapasitas tempat tidur pasien Covid-19


Jumat, 25 Juni 2021 / 17:39 WIB
Kasus naik, sejumlah emiten rumah sakit tambah kapasitas tempat tidur pasien Covid-19
ILUSTRASI. RS Hermina milik PT Medikaloka Hermina Tbk (HEAL)

Reporter: Arfyana Citra Rahayu | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sejumlah emiten rumah sakit, mengakui menambah kapasitas tempat tidur untuk pasien Covid-19. Hal ini seiring dengan meningkatkan kasus positif infeksi Covid-19 yang tembus 20.000 per hari. 

Aristo Sungkono Setiawidjaja, Direktur PT Medikaloka Hermina Tbk (HEAL) mengatakan, saat ini tempat tidur untuk pasien Covid-19 di rumah sakitnya masih tersedia meskipun sering penuh.  

"Hermina terus menambah tempat tidur untuk pasien Covid-19. Selain itu, kami juga memastikan bahwa staf nakes terlindungi ketika membantu pasien," kata dia kepada Kontan.co.id, Jumat (25/6). 

Namun sayang, Aristo tidak memerinci berapa jumlah kapasitas tempat tidur yang ditambah di rumah sakit Hermina yang dimiliki HEAL.

Tak hanya menambah kapasitas tempat tidur, HEAL juga mengamankan alat kesehatan yang berhubungan dengan pengendalian Covid-19. Maka dari itu, Aristo menegaskan pasokan alat kesehatan serta obat-obatan tidak ada hambatan. 

Baca Juga: Gencar koordinasi, Kemenkes pastikan stok tabung oksigen untuk sektor medis aman

"Alat kesehatan di HEAL semuanya dari lokal distributor. Namun distributor ada yang melakukan impor untuk alat kesehatan tertentu," katanya. 

Sebelumnya, Head of Investor Relations PT Mitra Keluarga Karyasehat Tbk (MIKA) Aditya Wijaya mengatakan, untuk saat ini kondisi tempat tidur rumah sakit untuk perawatan Covid-19 sedang full dengan rata-rata bed occupancy rate (BOR) di atas 90%. 

Sedangkan untuk pasien non-Covid atau reguler kondisi okupansinya juga cukup tinggi karena sudah mencapai 70%-75%.  

"Mitra Keluarga membantu pemerintah dalam penanggulangan Covid-19 dengan meningkatkan kapasitas bed untuk pasien Covid," ujar dia kepada Kontan.co.id, kemarin (24/6). 

Tak hanya soal ketersediaan tempat tidur untuk pasien, MIKA juga mengamankan pasokan alat kesehatan yang berhubungan dengan penanggulangan Covid-19 seperti tabung oksigen, optiflow, dan juga Alat Pelindung Diri (APD) bagi tenaga medis. 

"Sejauh ini pasokan alat kesehatan dan lainnya masih cukup aman, belum ada kendala sejauh ini," kata Aditya. 

Sebagai informasi, dalam penanggulangan Covid-19,  Mitra Keluarga ikut membantu pemerintah untuk program vaksinasi gotong royong, juga membuat seminar serta edukasi kesehatan bagi masyarakat untuk mencegah penularan.

 

Selanjutnya: Pemerintah diminta rilis protokol isolasi mandiri dan bagikan alat bantu

 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×