kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,49   -7,86   -0.84%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kata pengamat transportasi terkait rumor merger Grab-Gojek


Kamis, 03 Desember 2020 / 17:36 WIB
Kata pengamat transportasi terkait rumor merger Grab-Gojek
ILUSTRASI. Sejumlah pengemudi ojek daring (online) menunggu penumpang di depan Stasiun Pondok Cina, Kota Depok, Jawa Barat, Selasa (11/6/2019).


Reporter: Dimas Andi | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Dua raksasa transportasi online, yakni Grab dan Gojek, diisukan mulai menjalin kesepakatan merger. Rencana merger tersebut dinilai belum tentu berpengaruh besar terhadap industri transportasi online di Indonesia.

Pengamat Transportasi dan Ketua Bidang Advokasi dan Kemasyarakatan Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI) Djoko Setijowarno menyampaikan, di masa sekarang, tiap perusahaan transportasi mesti bisa mengadopsi sistem daring atau digital.

Namun, bisnis transportasi online sendiri menurutnya masih menimbulkan pro dan kontra. Di satu sisi, transportasi online dibutuhkan pengembangannya secara cepat.

Di sisi lain, masih timbul kesan ambigu lantaran perusahaan seperti Grab dan Gojek dapat berperan sebagai operator transportasi online sekaligus operator aplikasi yang menyediakan layanan e-commerce hingga hiburan.

Baca Juga: Ini tanggapan Gojek dan Grab usai wacana merger merebak

“Ini menimbulkan masalah terus, karena mereka beberapa kali tidak memenuhi kaidah-kaidah transportasi dengan benar. Masalah ini belum tentu selesai walau terjadi aksi merger,” ungkap Djoko, Kamis (3/12).

Masalah kesejahteraan mitra pengemudi ojek online, baik roda dua maupun roda empat, juga perlu diperhatikan di tengah rencana merger Grab dan Gojek.

Djoko menyebut, pihaknya belum punya data real terkait perkembangan pengemudi atau driver ojek online. Namun, berdasarkan pengamatannya dengan komunitas pengemudi ojek online, ia menilai bahwa bisnis transportasi online pun cukup tertekan di masa pandemi Covid-19.

Dalam hal ini, jumlah pengemudi ojek online mengalami penurunan. Banyak dari mereka yang kembali menjalani profesi awal sebelum menjadi pengemudi ojek online. Hal ini seiring berkurangnya pendapatan dan bonus.

Baca Juga: Begini plus dan minus jika Grab dan Gojek merger




TERBARU

[X]
×