kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.541.000   21.000   1,38%
  • USD/IDR 15.880   50,00   0,31%
  • IDX 7.196   54,65   0,77%
  • KOMPAS100 1.104   9,46   0,86%
  • LQ45 877   10,80   1,25%
  • ISSI 221   0,74   0,34%
  • IDX30 449   6,10   1,38%
  • IDXHIDIV20 540   5,33   1,00%
  • IDX80 127   1,26   1,00%
  • IDXV30 135   0,57   0,43%
  • IDXQ30 149   1,56   1,06%

Kejar kenaikan penjualan, begini strategi Semen Indonesia (SMGR)


Jumat, 04 Juni 2021 / 14:41 WIB
Kejar kenaikan penjualan, begini strategi Semen Indonesia (SMGR)
ILUSTRASI. Truk pengangkut semen melintas di kawasan Pabrik Semen Gresik, Tuban, Jawa Timur, Kamis (2/8). Kejar kenaikan penjualan, begini strategi Semen Indonesia (SMGR).


Reporter: Dimas Andi | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SMGR) menyiapkan sejumlah strategi guna melanjutkan tren penjualan semen yang positif sampai akhir tahun 2021 nanti.

Sekadar catatan, pada kuartal I-2021 penjualan semen (termasuk penjualan klinker) SMGR tumbuh 2,1% (yoy) menjadi 9,69 juta ton. Meski volume penjualan semen naik, pendapatan emiten pelat merah ini justru turun 5,8% (yoy) menjadi Rp 8,07 triliun pada kuartal I-2021.

Untungnya, SMGR masih bisa membukukan kenaikan laba bersih sebesar 0,87% (yoy) menjadi Rp 450,36 miliar. 

Direktur Strategi Bisnis dan Pengembangan Usaha Semen Indonesia Fadjar Judisiawan mengungkapkan, prospek penjualan SMGR akan mengikuti pertumbuhan penjualan semen domestik yang diperkirakan sebesar 4%--5% pada tahun 2021.

Baca Juga: Indeks BUMN20 Terseret Kelesuan Saham Konstruksi Pelat Merah

Di tengah pasar semen domestik yang masih menghadapi tantangan kelebihan pasokan, SMGR coba melakukan optimalisasi penjualan ekspor serta terus fokus berinovasi memberikan solusi membangun secara berkelanjutan.

Fadjar menjelaskan, SMGR melakukan diferensiasi portofolio produk semen berbasis aplikasi seperti Masonry Cement, yaitu semen khusus untuk aplikasi non-struktur.  

SMGR juga memiliki berbagai portofolio beton bernilai tambah yang menghadirkan solusi dari tantangan lingkungan di kota besar. Misalnya, SpeedCrete yakni solusi beton perbaikan jalan dalam waktu 4 jam yang dapat mengurangi polusi udara akibat kemacetan serta ThruCrete berupa solusi beton yang dapat menyerap air sehingga mengurangi limpasan air di permukaan jalan.

SMGR turut memanfaatkan peluang dari pembangunan perumahan oleh Kementerian PUPR berkat adanya backlog permintaan terhadap rumah tinggal melalui produk solusi konstruksi perumahan Bernama Dynahome.

Baca Juga: IHSG dibuka menguat ke 5.871 pada pagi ini (31/5), asing koleksi saham BUMN

Dynahome adalah solusi pembangunan rumah dengan metode cetak di tempat yang menghasilkan konstruksi dinding beton ringan monolitik.

“Dynahome dapat mempercepat proses pekerjaan dinding rumah dengan kualitas tinggi dalam satu hari secara massal dengan biaya yang efisien,” ungkap Fadjar, Rabu (2/6).

Tak hanya itu, SMGR berkomitmen untuk menjadi bagian dari terciptanya sustainable living yang bertanggung jawab secara sosial dan lingkungan untuk meningkatkan kualitas kehidupan di masa mendatang.

“SMGR akan terus memberikan solusi bahan bangunan yang inovatif serta menjadi pendorong tumbuhnya industry building material yang memperhatikan keberlanjutan,” pungkas Fadjar. 

Selanjutnya: Indeks IDX BUMN20 turun dalam sepanjang 2021, berikut penyebabnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Working with GenAI : Promising Use Cases HOW TO CHOOSE THE RIGHT INVESTMENT BANKER : A Sell-Side Perspective

[X]
×