kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kejar penjualan 1 juta kemasan benih via online, Ewindo gandeng Bukalapak dan Shopee


Senin, 08 April 2019 / 16:34 WIB
Kejar penjualan 1 juta kemasan benih via online, Ewindo gandeng Bukalapak dan Shopee


Reporter: Noverius Laoli | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Produsen benih sayuran tropis Cap Panah Merah PT East West Seed Indonesia (Ewindo) meluncurkan official store "Panah Merah Go Online" dengan menggandeng marketplace, Bukalapak dan Shopee. Diharapkan dalam tiga tahun ke depan, Ewindo dapat memasarkan 1 juta kemasan benih lewat kanal digital ini.

Managing Director Ewindo Glenn Pardede mengatakan, peluncuran official store Panah Merah Go online ini merupakan upaya perusahaan untuk semakin memudahkan akses terhadap benih unggul berkualitas sekaligus mengantisipasi tren penjualan melalui kanal digital yang berkembang saat ini.

Ada dua program unggulan yang dirilis. Pertama, official store yang dibuka di Bukamall dan Shopeemall. Kedua, Halo Panah Merah, forum sumber informasi pertanian dan konsultasi untuk petani.

"Kami juga mengundang komunitas penggiat pertanian dari beberapa daerah untuk ikut bergabung secara online di acara ini," ujarnya saat peluncuran official store online, Senin (8/4).

Glenn berharap dengan online store resmi, Ewindo dapat memberikan kemudahan yang lebih bagi petani untuk memperoleh benih berkualitas yang dijamin 100% keasliannya. Selain petani, pangsa pasar yang disasar dengan pemasaran benih via oline ini adalah masyarakat urban yang gemar bercocok tanam, mereka akan mudah mengakses benih unggul berkualitas yang diproduksi Ewindo.

Ia melanjutkan, di Panah Merah Go online produk benih yang dipasarkan mulai dari varietas baru hingga varietas unggulan yang banyak dicari konsumen misalnya produk yang mempunyai ketahanan virus lebih kuat seperti mentimun, melon dan cabai.

Kanal online ini berperan sebagai pelengkap, khususnya bagi petani yang keberadaan dealer ataupun toko pertanian jauh dari tempat tinggalnya. Ataupun juga bagi petani yang kesulitan mencari benih Cap Panah Merah di daerah sekitarnya. Ewindo menargetkan penjualan online mencapai hingga 1 juta kemasan di tahun ketiga.

Selain menyediakan benih asli berkualitas, Ewindo juga ingin memastikan bahwa petani berhasil dalam bercocok-tanamnya dengan membuka forum online petani yang disebut Halo Panah Merah.

Di forum ini, petani dapat mengakses informasi mengenai hama penyakit, teknik budidaya, hingga melaporkan keluhan dari benih Cap Panah Merah yang mereka gunakan. Jika tidak cukup, petani dapat langsung berkonsultasi dengan para ahli budidaya langsung di forum tersebut secara realtime.

Untuk segmentasi pasar kanal online ini tidak banyak perubahan atau tetap seperti channel offline sebelumnya yakni segmen petani profesional dan petani urban sebagai target utama.

"Yang membedakan adalah cara kami meraih mereka. Kami menggunakan social media dan search ads yang bisa kami targetkan secara langsung kepada segmen pasar kami. Tidak hanya itu, kami menggunakan social listening program yang membantu kami memahami kebutuhan pasar baik solusi usaha pertanian mereka di periode tertentu, sehingga kami dapat memberikan layanan yang maksimal," ujar Glenn.

Saat ini Ewindo memiliki komunitas petani muda “Petani Muda Panah Merah” yang pada tahun 2019 ditargetkan jumlahnya mencapai 500 petani yang tersebar di seluruh Indonesia. Seperti milenial pada umumnya, para petani muda tersebut sangat familiar dengan teknologi digital.

“Melalui penjualan secara online ini kami berharap petani semakin mudah mengakses benih unggul berkualitas. Seperti diketahui, meskipun porsi benih dalam total biaya produksi petani hanya sekitar 3%, penggunaan benih unggul berkualitas ini adalah variabel utama bagi petani untuk meningkatkan produktivitas,” tutup Glenn.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×