kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kembali berproduksi, Daihatsu fokus penuhi permintaan pasar ekspor


Kamis, 04 Juni 2020 / 14:39 WIB
Kembali berproduksi, Daihatsu fokus penuhi permintaan pasar ekspor


Reporter: Muhammad Julian | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Astra Daihatsu Motor (ADM) kembali melakukan aktivitas produksi per 3 Juni 2020 setelah sempat tidak berproduksi sejak 10 April 2020 lalu. Sementara ini, kegiatan produksi akan difokuskan untuk memenuhi permintaan dari pasar ekspor.

Corporate Planning & Communication Director PT Astra Daihatsu Motor (ADM)  Amelia Tjandra mengatakan, penjualan di pasar domestik sementara ini akan mengandalkan stok unit yang sudah ada. Amelia tidak merinci berapa jumlah stok unit sudah tersedia dan siap dipasarkan untuk pasar domestik, namun ia memastikan bahwa jumlahnya akan mampu memenuhi permintaan yang ada.

Baca Juga: Harga mobil MPV Chevrolet Spin mulai dari Rp 70 juta

“Stok masih banyak karena pasar mobil (domestik) turun besar sekali,” kata Amelia saat dihubungi Kontan.co.id pada Kamis (4/6).

Sedikit gambaran, pasar mobil domestik memang menunjukkan pergerakan yang lesu. Kecenderungan ini tercermin dari data penjualan mobil nasional pada April 2020 lalu. 

Mengintip data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), total penjualan ritel mobil secara nasional di dalam negeri hanya tercatat sebesar 24.276 unit. Padahal, sebelumnya penjualan ritel nasional di pasar domestik tercatat mencapai 80.622 unit.

Seiring dengan hal ini, total penjualan ritel mobil secara nasional di empat bulan pertama anjlok menjadi sebesar 243.634 unit. Sebelumnya, penjualan ritel nasional tercatat mencapai 340.85 unit di periode yang sama tahun lalu. Sejumlah kondisi inilah yang mendorong Daihatsu untuk memfokuskan kegiatan produksinya untuk memenuhi pasar ekspor.

Baca Juga: Pabrik di Indonesia tutup, diskon Nissan Terra tembus Rp 110 Juta

Dalam pelaksanaannya, ADM juga memastikan bahwa seluruh proses produksi akan dilakukan sesuai dengan protokol pencegahan Covid-19 yang ditetapkan pemerintah.




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×