kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45738,84   -15,33   -2.03%
  • EMAS1.007.000 -0,20%
  • RD.SAHAM -0.20%
  • RD.CAMPURAN -0.11%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kemenparekraf imbau warga Bunaken patuh protokol kesehatan


Sabtu, 25 Juli 2020 / 23:10 WIB
Kemenparekraf imbau warga Bunaken patuh protokol kesehatan
ILUSTRASI. MANADO,18/12-WISATA BUNAKEN. Wisatawan menuju perahu untuk kembali ke kota Manado usai menikmati alam Pulau Bunaken, Manado, Sulawesi Utara, Minggu (17/12). Taman Nasional Bunaken merupakan tempat wisata yang berada di Teluk Manado - Sulawesi Utara dengan

Reporter: Jane Aprilyani | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif mengajak warga Kawasan Bunaken untuk selalu menerapkan protokol kesehatan di masa pemberlakuan kebiasaan baru.

Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Infrastruktur Kemenparekraf/Baparekraf, Hari Santosa Sungkari, mengatakan penerapan protokol kesehatan seperti physical distancing, mengenakan masker saat di luar rumah, dan selalu mencuci tangan.

Sehingga, baik wisatawan nusantara maupun wisatawan mancanegara yakin dan percaya akan kebersihan dan keamanan Bunaken.

Baca Juga: Pemerintah gerakkan pemulihan destinasi wisata Jawa Tengah

"Walaupun di sini (zona) hijau tolong tetap pakai masker kalau ada wisatawan, kalau kita pakai masker membuat mereka tenang walaupun hijau kalau kita tidak pakai masker mereka tidak tenang. Kedua kita tidak tahu jangan-jangan mereka menularkan (Covid-19) nanti jadi tetap pakai masker ya," kata Hari dalam keterangan yang diterima Kontan.co.id, Sabtu (25/7).

Hari menuturkan di masa kebiasaan baru pascapandemi Covid-19, kebersihan suatu destinasi wisata menjadi salah satu faktor penting untuk meningkatkan daya tarik wisatawan.

Hal ini sesuai dengan pelaksanaan protokol CHSE (cleanliness, Healthy, Safety and Environmental Sustainability) yang bertujuan untuk mengoptimalkan pelaku usaha pariwisata dan ekonomi kreatif dalam menangani dan meningkatkan kebersihan, keindahan, kesehatan, dan keamanan masyarakat di destinasi dalam memasuki masa adaptasi kebiasaan baru.

Selain itu, Kepala Dinas Provinsi Sulawesi Utara, Hendry Katjily mengaku masyarakat khususnya para pelaku wisata telah mempersiapkan pembukaan kembali destinasi wisata di Sulawesi Utara di era kebiasaan baru.

Baca Juga: Kemenparekfraf dorong pengusaha kopi kian kreatif di tengah pandemi

Hendry juga mengapresiasi keberhasilan warga Bunaken menjaga protokol kesehatan. Hal ini terbukti dengan belum adanya warga Pulau Bunaken yang terjangkit Covid-19.

"Sejauh ini di Bunaken belum ada warga yang terdekteksi positif Covid-19. Hebat orang-orang Bunaken," ucap Hendry.

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.


TERBARU

[X]
×