kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45740,21   -13,97   -1.85%
  • EMAS1.007.000 -0,20%
  • RD.SAHAM -0.20%
  • RD.CAMPURAN -0.11%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pemerintah gerakkan pemulihan destinasi wisata Jawa Tengah


Sabtu, 25 Juli 2020 / 20:50 WIB
Pemerintah gerakkan pemulihan destinasi wisata Jawa Tengah
ILUSTRASI. Warga mengikuti kirab budaya saat acara Festival Candi Kembar di Candi Plaosan, Prambanan, Klaten, Jawa Tengah, Sabtu (2/9). Festival Candi Kembar yang digelar oleh masyarakat setempat dengan menampilkan berbagai atraksi budaya dan kesenian lokal tersebut

Reporter: Jane Aprilyani | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) mengajak masyarakat di Kota dan Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, untuk mengikuti gerakan Bersih, Indah, Sehat, Aman (BISA) sebagai upaya memulihkan sektor pariwisata di wilayah itu.

Deputi Bidang Kebijakan Strategis, R. Kurleni Ukar mengatakan, Program BISA merupakan kegiatan semacam padat karya bagi tenaga kerja pariwisata dan ekonomi kreatif serta masyarakat untuk turut mewujudkan nilai-nilai Sapta Pesona dan beradaptasi dengan kebiasaan baru yang digulirkan secara masif oleh Kemenparekraf/Baparekraf.

“Program ini melibatkan para tenaga kerja pariwisata dan ekonomi kreatif dan masyarakat yang terdampak ekonominya akibat Covid19 di sekitar lokasi destinasi yang diisi dengan kegiatan bersih-bersih, penataan, serta penyemprotan disinfektan destinasi yang dilakukan dengan selalu memperhatikan penerapan protokol kesehatan,” katanya dalam keterangan yang diterima Kontan, Sabtu (25/7).

Baca Juga: Kemenparekfraf dorong pengusaha kopi kian kreatif di tengah pandemi

Gerakan BISA di Tegal dilaksanakan secara estafet di Pantai Pulo Kodok, Pantai Pur In, dan Guci. Dengan adanya gerakan tersebut setidaknya meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan ke Tegal.

Sekadar informasi saja, hingga November 2019 lalu, jumlah kunjungan wisatawan ke Tegal mencapai 1 juta wisatawan lebih.

Wakil Ketua Komisi X DPR RI, Abdul Fikri Faqih menyambut baik kegiatan BISA dilaksanakan di daerah pemilihannya di Kota dan Kabupaten Tegal.

"Sektor pariwisata yang paling terpuruk di masa pandemi Covid-19 ini sudah semestinya diberikan perhatian serius oleh pemerintah pusat maupun daerah agar bersama-sama kembali pulih," sebut Abdul Fikri.

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.


TERBARU

[X]
×