kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45921,46   1,15   0.12%
  • EMAS1.343.000 -0,30%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kemenparekfraf dorong pengusaha kopi kian kreatif di tengah pandemi


Sabtu, 25 Juli 2020 / 20:32 WIB
Kemenparekfraf dorong pengusaha kopi kian kreatif di tengah pandemi
ILUSTRASI. Produksi Kopi ?- Barista meracik kopi asli Indonesia di Jakarta, Rabu (30/1). Asosiasi Eksportir dan Industri Kopi Indonesia mengatakan dalam 4 tahun terakhir, perkembangan kafe, kedai kopi, dan restoran tumbuh pesat. Untuk mengimbangi pertumbuhan konsums


Reporter: Jane Aprilyani | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif mendorong, serta mengajak para pelaku ekonomi kreatif terutama pelaku usaha kopi agar tetap produktif di masa adaptasi kebiasaan baru. Tidak hanya bagi pelaku usaha kopi, tapi juga masyarakat yang ingin mencoba masuk ke bisnis kopi rumahan.

"Kopi telah menjadi bagian gaya hidup masyarakat luas. Diharapkan dapat meningkatkan kapasitas pelaku ekonomi kreatif terutama untuk pebisnis kopi dalam hal mengemas dan memasarkan produknya dengan lebih baik ke masyarakat," kata Direktur Pengembangan SDM Ekonomi Kreatif Kemenparekraf/Baparekraf Muh. Ricky Fauziyani dalam keterangan yang diterima Kontan.co.id, Sabtu (25/7).

Founder Esperto Barista Course & Co Founder Monolog Quality Coffee Franky Angkawijaya, menjelaskan, saat ini banyak variasi kopi yang diminati masyarakat seperti kopi susu ataupun jenis lainnya.

Baca Juga: Dijamin lebih sehat, begini cara membuat kopi dalgona tanpa gula

Untuk menghasilkan varian kopi tersebut, lebih dulu harus dapat menghasilkan _espresso liquid_ sebagai bahan dasar.

Ia menyarankan untuk memproduksi _espresso liquid_ harus dengan menggunakan mesin espresso bagi pemula. "Dengan menggunakan mesin, akan mendapatkan produk _espresso liquid_ yang stabil secara rasa dan kualitas. Mulai dari temperatur, tekanan, dapat secara konsisten dihasilkan," kata Franky.

Setelah menghasilkan bahan dasar espresso liquid yang baik, baru kemudian bisa dikembangkan dengan kreativitas dalam mengolah. Yakni mengombinasikan bahan lain untuk menjadi seperti kopi susu ataupun lainnya.

Dalam menghasilkan produk minuman kopi yang disukai, pelaku usaha dapat melakukan riset untuk mendapatkan market taste yang diinginkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×