kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Kemkominfo wacanakan pembangunan Kalimantan Ring


Minggu, 01 September 2019 / 08:13 WIB
Kemkominfo wacanakan pembangunan Kalimantan Ring
ILUSTRASI. Menkominfo Rudiantara

Reporter: Andy Dwijayanto | Editor: Wahyu Rahmawati

KONTAN.CO.ID - NUNUKAN. Usai sukses dengan program Palapa Ring baik di wilayah Barat, Tengah dan Timur. Kali ini Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mewacanakan untuk membangun jaringan Kalimantan Ring.

Rudiantara, Menteri Kominfo menyebut upaya tersebut sebagai salah satu langkah menopang kebutuhan internet ibu kota baru. Pasalnya, pemerintah telah menetapkan ibu kota baru bakal berada di Kalimantan Timur.

Baca Juga: Kebutuhan listrik ibu kota baru sekitar 4.000 MW, beban di Jakarta berkurang 1.000 MW

"Kalau ada Palapa Ring, nanti ada Kalimantan Ring. Kalau saat ini kan orang Nunukan mau akses internet internasional (traffic datanya) bawa ke Jakarta atau Singapura, atau dari Manado terus ke Pasifik," ujarnya di Nunukan, Jumat (30/8)

Ia menyebut kemungkinan dalam 5-10 tahun mendatang Pulau Kalimantan akan memiliki gateway untuk traffic daya sendiri. Hal ini akan mengurangi latency dan memberikan akses yang lebih cepat bagi ibu kota baru dan wilayah Kalimantan pada umumnya.

Baca Juga: Meski Ibu Kota Bakal Pindah, Minat Properti di Jakarta akan Tetap Tinggi

Namun dirinya belum merinci rencana tersebut, yang jelas jalur koneksi Kalimantan Ring bakal memberikan akses internet yang semakin cepat untuk menopang layanan digital ibu kota baru.

"Bukan tidak mungkin (Kalimantan Ring) dicari lokasinya di Pulau yang paling ujung seperti Nunukan ini," ujar Rudiantara.




TERBARU

Close [X]
×