kontan.co.id
| : WIB | INDIKATOR |

Kemperin dorong investasi hilir produk karet selain crumb rubber


Senin, 29 Oktober 2018 / 21:15 WIB

Kemperin dorong investasi hilir produk karet selain crumb rubber
ILUSTRASI. Petani menyadap getah karet

Berita Terkait

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kementerian Perindustrian (Kemperin) berusah mendorong pengembangan investasi pada sektor hilir karet. Adapun produk yang didorong tidak hanya pada karet serpih alias crumb rubber saja, tapi juga pada produk hilir lainnya.

Direktur Jenderal Industri Kimia, Tekstil, dan Aneka Kemenperin Achmad Sigit Dwiwahjono menyatakan pengembangan investasi pada hilir ini terus dilakukan karena menimbang penyerapan manufaktur dalam negeri pada crumb rubber masih sangat jauh dibandingkan ekspornya.


"Sekarang masih sekitar 500.000 ton yang dipakai untuk ban, belt conveyor serta beberapa gasket karet dan selang karet, serta bantalan karet untuk pelabuhan dan lainnya. Itu dari total produksi crumb rubber di 3 juta ton," katanya kepada Kontan.co.id, Senin (29/10).

Artinya dari produksi 3 juta ton tersebut, sebanyak 2,5 juta ton diekspor seluruhnya. Padahal karet serpih merupakan produk antara, alias bukan produk hilir seutuhnya, dan bila pemerintah dan industri sama-sama mendorong pengembangan karet manufaktur dalam negeri, bisa memberikan nilai tambah dalam perdagangan.

Achmad menyatakan pihaknya berupaya mendorong adanya investasi baru pada industri ban dan peralatan teknik lainnya.

Senada Ketua Umum Gapkindo Moenardji Soedargo melihat pemerintah seharusnya fokus pada pengembangan industri hilir karet. "Kalau mau tingkatkan kapasitasnya, harusnya lebih pada barang jadi daripada produk industri antaranya. Hal ini dapat meingkatkan nilai tambah penjualan," katanya.

Menurut Moenardji, konsumsi industri dalam negeri pada produk karet alam jadi baru mencapai 600.000 ton per tahun. Sumber bahannya berasal dari karet remah (crumb rubber / SIR20) yang juga dipasok oleh anggota Gapkindo.


Reporter: Tane Hadiyantono
Editor: Yudho Winarto

Video Pilihan

Tag

Close [X]
×