kontan.co.id
| : WIB | INDIKATOR |

Kemtan rekomendasi HPP gula Rp 9.100 per kg


Kamis, 19 Mei 2016 / 12:49 WIB

Kemtan rekomendasi HPP gula Rp 9.100 per kg

JAKARTA. Harga Patokan Petani (HPP) gula untuk tahun 2016 ini belum ditetapkan oleh Kementerian Perdagangan (Kemdag), tapi gambaran soal besaran angkanya sudah bisa diketahui. Kementerian Pertanian (Kemtan) mengklaim telah mengirimkan rekomendasi HPP kepada Kemdag pekan lalu dengan besaran Rp 9.100 per kilogram (kg). Angka ini naik tipis dari HPP tahun 2015 lalu sebesar Rp 8.900 per kg.

Gamal Nasir, Direktur Jenderal Perkebunan Kemtan mengatakan angka Rp 9.100 per kg ini merupakan hasil survei yang dilakukan Kemtan bekerjasama dengan sejumlah universitas terkemuka di Indonesia. "Kami mempertimbangkan sisi petani dan konsumen untuk menentukan rekomendasi HPP gula ini," ujar Gamal kepada KONTAN, Rabu (18/5).


Menurutnya, dengan HPP ini, petani mempunyai harga acuan untuk lelang gula nantinya dan untuk konsumen kenaikan HPP sebesar Rp 200 per kg tak akan mengerek harga jual gula di pasaran secara signifikan.

Gamal bilang, HPP ini sudah ideal bagi petani sehingga tak ada lagi kekhawatiran petani enggan menanam tebu karena HPP yang ditetapkan pemerintah lebih rendah dari tahun sebelumnya.

Arum Sabil, Ketua Asosiasi Petani Tebu Rakyat Indonesia (APTRI) mengatakan petani tebu sudah setuju dengan HPP Rp 9.100 per kg. Sebab, kebijakan itu diputuskan berdasarkan hasil survei terhadap harga produksi tebu di tingkat petani dan antusias dengan harga baru tersebut. Untuk itu, Arum mendesak Kemdag segera menetapkan HPP gula.

Arum bilang, para petani tebu sudah lama menunggu keputusan penetapan HPP gula ini. Arum mengancam petani tebu akan turun ke Jakarta untuk menuntut Kemdag segera menetapkan HPP yang baru ini karena petani tengah masuk musim giling.

Namun, Sekretaris Jenderal Kemdag Srie Agustina mengaku masih belum akan menetapkan HPP gula ini dalam waktu dekat karena tengah mempelajari rekomendasi Kemtan tersebut.

Selain itu, Srie mengatakan Kemdag tengah fokus menstabilkan harga gula di pasaran dan menginginkan harga gula di tingkat konsumen tak lebih dari Rp 11.500–Rp 12.000 per kg. Saat ini, harga gula melonjak ke level Rp 14.000 per kg.

 


Reporter: Fahriyadi, Noverius Laoli
Editor: Dupla Kartini

Video Pilihan


Close [X]
×